News
Sabtu, 15 Januari 2022 - 09:39 WIB

Solopos Hari Ini: Warga Rentan Prioritas

Adib Muttaqin Asfar  /  Mariyana Ricky P.d  /  Kurniawan  /  Muh Khodiq Duhri  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Sabtu (15/1/2022).

Solopos.com, SOLO — Sasaran prioritas vaksinasi dosis ketiga atau booster Covid-19 adalah warga lanjut usia (lansia) dan penderita immunocompromized atau yang memiliki masalah kekebalan.

Harian Solopos edisi Sabtu (15/1/2022) mengusung headline terkait sasaran prioritas vaksin booster.

Advertisement

Warga Rentan Prioritas

SOLO-Vaksinasi dosis ketiga atau booster Covid-19 telah dimulai di berbagai daerah termasuk Soloraya. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengingatkan kelompok rentan sebagai prioritas.

Sasaran prioritas adalah warga lanjut usia (lansia) dan penderita immunocompromized atau yang memiliki masalah kekebalan. Booster dinilai penting untuk memberikan perlindungan terhadap kelompok rentan. Warga tak bisa memilih-milih jenis vaksin untuk booster.

Advertisement

Sasaran prioritas adalah warga lanjut usia (lansia) dan penderita immunocompromized atau yang memiliki masalah kekebalan. Booster dinilai penting untuk memberikan perlindungan terhadap kelompok rentan. Warga tak bisa memilih-milih jenis vaksin untuk booster.

Baca Juga: Apakah Vaksin Booster Covid-19 Aman Bagi Ibu Hamil?

“Diharapkan, kelompok prioritas vaksinasi booster segera mengakses fasyankes maupun sentra vaksinasi terdekat untuk mendapatkan dosis lanjutan untuk memberikan perlindungan yang optimal,” bunyi pernyataan Kemenkes melalu akun Twitter ofisial@KemenkesRI, Jumat (14/1/2022) malam.

Advertisement

Di halaman Soloraya, Harian Solopos menyajikan pertemuan antara Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dengan politisi PSI, Giring Ganesha.

Hampir 2 Jam untuk Sebuah Kesepakatan

Giring Ganesha, berkunjung ke Rumah Dinas (Rumdin) Wak Kota Solo, Loji Gandrung, Jumat (14/1/2022) sang. Eks penyanyi Grup Band Nidji itu ditemui Gibran Rakabuming Raka, orang nomor satu di Kota Bengawan.

Pantauan Espos, Giring tiba di Loji Gandrung sekitar pukul 13.14 WIB mengenakan kemeja batik lengan panjang. Setelah turun dari mobil, Giring disambut Gibran yang mengenakan kemeja jins biru muda lengan pendek dengan kombinasi celana jins hitam.

Advertisement

Baca Juga: Ketemu Ketum PSI Giring Ganesha di Solo, Gibran Bilang Ada Deal Politik

Setelah bertegur sapa, mereka menuju ruang tamu dan melakukan pertemuan tertutup. Gibran sempat mengajak Giring berkeliling di bagian belakang kompleks Loji Gandrung. Pertemuan Gibran dan Giring berlangsung hingga pukul 14.48 WIB. Berita selengkapnya bisa dibaca di Harian Solopos edisi Sabtu (15/1/2022).

Masih di halaman Soloraya, Harian Solopos menyajikan berita terkait rencana penataan PKL Manahan.

Advertisement

Menata Lagi PKL Manahan

Rencana menata seratusan pedagang kaki lima (PKL) di sekitar Stadion Manahan kembali muncul pada awal tahun ini. Sebelumnya, rencana itu urung dilakukan pada akhir 2020 lalu atau saat awal pandemi Covid-19 berlangsung.

Berdasarkan kesepakatan antara paguyuban PKL Selter Manahan dan Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo, para PKL bakal mandiri mencari lokasi pengganti berjualan saat penataan dimulai. Kemudian, mereka diizinkan kembali berjualan di kawasan itu dan dilarang pada momen-momen tertentu.

Baca Juga: Bakal Ditata Lagi, Begini Awal Mula Munculnya PKL Selter Manahan Solo

Kawasan tersebut telah menjadi magnet yang menarik pengunjung. Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Solo, Didik Anggono, menyebut keberadaan PKL tersebut bermula pascareformasi 1998. Kala itu, jalur hijau di sekeliling Stadion Manahan berubah menjadi lapak dan warung warung.

Jumlahnya pun mencapai ratusan orang. “Pascareformasi, ratusan PKL menguasai jalur-jalur hijau di barat Manahan, timur Polresta Solo, di depan Manahan, kemudian yang saat ini Patung Soekarno, lalu dekat Gedung Wanita, dan lainnya. Stadion Manahan dulu itu benar benar tertutup oleh PKL,” kata dia, dihubungi Espos, Jumat (14/1/2022). Berita selengkapnya bisa dibaca di Harian Solopos edisi Sabtu (15/1/2022).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif