News
Sabtu, 6 April 2024 - 07:50 WIB

Solopos Hari Ini : Tol Solo-Jogja Langsung Dimanfaatkan

Tim Solopos  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Sabtu (6/4/2024).

Solopos.com, KLATEN–Ulasan tentang dibukanya ruas jalan tol fungsional jalan tol Solo-Jogja pada Jumat (5/4/2024) langsung dimanfaatkan pengguna jalan jarak jauh diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Sabtu (6/4/2024). Mayoritas kendaraan memanfaatkan jalur keluar tol fungsional di Ngawen, Klaten.

Seperti diberitakan Solopos hari ini, Kasatlantas Polres Klaten, AKP Riki Fahmi Mubarok, mengatakan jumlah total mobil yang melintas di dua pintu keluar tol fungsional hing­ga pukul 15.00 WIB pada Jum­at mencapai 2.872 unit. Se­banyak 2.212 kendaraan keluar melalui Ngawen atau STA-22. Sementara, jumlah kendaraan yang keluar melalui titik keluar di GT Karanganom atau Desa Kuncen, Kecamatan Ceper, Klaten, sebanyak 660 unit.

Advertisement

Riki menjelaskan arus lalu lintas di ruas jalan arteri yang bersinggungan dengan pintu keluar Ngawen di ruas jalan Klaten-Jatinom masih normal. Rekayasa baru diberlakukan ketika kondisi arus lalu lintas padat oleh antrean kendaraan. Ketika kondisi itu, arus lalu lintas di jalan raya Klaten-Jatinom bakal diberlakukan satu arah. “Rekayasa lalu lintas diberlakukan situasional,” jelas Kasatlantas saat dihubungi Espos, Jumat.

Tol fungsional dibuka selama 11 hari mulai kemarin hingga Senin (15/4/2024) mendatang. Jalur fungsional dimulai dari Gerbang Tol (GT) Colomadu/GT Banyudono hingga pintu keluar di Ngawen sepanjang 22 km. Ada dua titik keluar tol fungsional yakni melalui GT Karanganom yang langsung terhubung ke jalan raya Solo-Jogja di Desa Kuncen, Kecamatan Ceper dan pintu keluar Ngawen di ruas jalan Klaten-Jatinom.

Advertisement

Tol fungsional dibuka selama 11 hari mulai kemarin hingga Senin (15/4/2024) mendatang. Jalur fungsional dimulai dari Gerbang Tol (GT) Colomadu/GT Banyudono hingga pintu keluar di Ngawen sepanjang 22 km. Ada dua titik keluar tol fungsional yakni melalui GT Karanganom yang langsung terhubung ke jalan raya Solo-Jogja di Desa Kuncen, Kecamatan Ceper dan pintu keluar Ngawen di ruas jalan Klaten-Jatinom.

Tol dioperasikan mulai pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB setiap harinya. Jalur fungsional hanya diberlakukan satu arah dan gratis. Pada Jumat-Kamis (5-11/4/2024), arus lalu lintas yang diberlakukan yakni dari GT Colomadu atau GT Banyudono ke Ngawen. Pada Jumat-Senin (12-15/4/2024), arus lalu lintas diberlakukan sebaliknya.

PDIP Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah

JAKARTA—Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sudah memerintahkan seluruh jajaran Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP di seluruh Indonesia untuk melakukan penjaringan calon kepala dan dan wakil kepala daerah untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Advertisement

Dalam surat itu, seluruh DPD dan DPC PDIP diinstruksikan untuk memetakan demografi wilayah dan pemetaan politik di daerah masing-masing. Pe­metaan itu terkait dengan pero­lehan suara PDIP pada Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 dan 2024, jumlah kursi PDIP di DPRD setempat, pimpinan DPRD, kepala daerah petahana dan informasi penting lainnya.

Kiriman Paket Membeludak, Ekspedisi Tambah Kurir

Aktivitas sibuk terlihat di tempat sortir barang di kantor paket yang terletak di Jl. Adi Sucipto, Jumat (5/4/2024) sore. Jam dinding menunjukkan pukul 15.30 WIB. Ada 20 kurir di dalam gudang sortir itu. Masing-masing mereka mengemas paket sesuai rute dan jenis pengiriman.

Menurut hitungan Espos, tak sampai 15 menit mereka menata barang. Ada petugas khusus yang memandu mereka mencocokkan data pengiriman dan rute. Lalu karung mereka naikkan ke motor yang sudah terpakir tak jauh dari lokasi sortir. Untuk barang yang besar, rata-rata ditaruh kurir di jok belakang.

Advertisement

Espos mengamati aktivitas di gudang sortir itu selama sekitar sejam. Kurir yang selesai mengemas dan menaruh paket di sepeda motor, langsung bersiap keluar gudang. Mereka lalu menuju ke alamat-alamat yang sudah ada di daftar pengiriman. Para kurir terlihat mengandalkan aplikasi navigasi di smartphone masing-masing. Namun beberapa juga tak mengeluarkan smartphone karena sudah hafal rute.

Taman Balekambang Belum Buka saat Liburan

SOLO–Taman Balakembang belum bisa dibuka saat libur Lebaran 2024 meski sebelumnya Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berharap taman itu sudah bisa digunakan masyarakat untuk mengisi liburan saat Hari Raya Idulfitri.

Diberitakan sebelumnya, Gibran sempat meninjau proyek revitalisasi Taman Balekambang pada Selasa (12/2/2024) siang setelah meninjau pembangunan underpass Joglo. “Kami kebut semua ya biar sesuai timeline, ini sudah sesuai, on the track semua. Kami coba Taman Balekambang untuk hari jadi Kota Solo pada 17 Februari,” ungkap dia. Revitalisasi Taman Balekambang saat itu masuk tahap finishing. “Kalau bisa sebelum Lebaran bisa dinikmati pemudik. Semoga bisa ya,” ungkap Gibran lagi.

Advertisement

Namun, harapan Wali Kota tidak terlaksana. Gibran mengonfirmasi Taman Balekambang belum bisa dibuka. “Belum, belum [Taman Balekambang belum bisa dibuka saat Lebaran]” jelas Gibran saat ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Rabu (3/4/2024). Hingga saat ini, menurut Gibran, belum ada serah terima aset Taman Balekambang dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kepada Pemkot Solo.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Sabtu (6/4/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif