News
Senin, 18 Desember 2023 - 06:10 WIB

Solopos Hari Ini : Solo Bersiap Panen Wisatawan

Tim Solopos  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Senin (18/12/2023).

Solopos.com, SOLO—Optimisme tentang Solo dengan berbagai destinasi wisatanya bakal merasakan kenaikan jumlah kunjungan wisatawan hingga 15% selama periode libur Natal dan Tahun Baru diulas dalam headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Senin (18/12/2023).

Diberitakan Solopos hari ini, sepanjang 2023, banyak destinasi wisata baru yang dibuka untuk masyarakat. Seperti Solo Safari, Taman Pracima di Pura Mangkunegaran, dan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo. Hal ini diperkirakan berimplikasi pada peningkatan kunjungan wisatawan di Solo.

Advertisement

“Untuk libur Natal dan Tahun Baru, kami memperkirakan tingkat kunjungan wisatawan meningkat sekitar 15%. Para apatur sipil negara (ASN) akan cuti bersama berbarengan libur sekolah siswa pada akhir tahun,” kata Kepala Bidang (Kabid) Destinasi dan Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo, Gembong Hadi Wibowo, Minggu (17/12/2023).

Menurut Gembong, meski ada destinasi wisata baru, dua ikon wisata heritage di Solo masih menjadi daya tarik kuat bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Keraton Solo dan Pura Mangkunegaran memiliki nilai sejarah tinggi dengan arsitektur bangunan kuno bakal menyedot para wisatawan.

Advertisement

Menurut Gembong, meski ada destinasi wisata baru, dua ikon wisata heritage di Solo masih menjadi daya tarik kuat bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Keraton Solo dan Pura Mangkunegaran memiliki nilai sejarah tinggi dengan arsitektur bangunan kuno bakal menyedot para wisatawan.

“Saat masa libur panjang seperti Lebaran atau Natal dan Tahun Baru, Keraton Solo dan Pura Mangkunegaran menjadi jujugan terutama wisatawan lokal. Mereka ingin melihat langsung jejak peninggalan Dinasi Mataram Islam,” ujar dia. Selain itu, Kota Solo juga memiliki sederet pasar tradisional yang menjadi destinasi wisata belanja seperti Pasar Gede, Pasar Klewer, dan Pasar Triwindu.

Museum Sangiran Harus Bisa Diakses Difabel

Inklusivitas menjadi isu penting karena menyangkut hak asasi manusia. Misalkan saja di fasilitas-fasilitas umum, semua orang termasuk kaum difabel harus bisa mengaksesnya dengan mudah. Hal ini pun mencakup museum, dan Museum Sangiran di Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Sragen, sudah menjadi museum inklusif karena akses untuk kaum difabel sudah tersedia.

Advertisement

Acara ini menjadi bagian rangkaian peringatan HUT ke-27 World Heritage Sangiran yang mencakup Museum Sangiran dengan lima klasternya di Kawasan Situs Manusia Purba Sangiran wilayah Kabupaten Sragen dan Karanganyar. HUT ini sendiri berlangsung pada 7 Desember 2023 lalu.

Belanja Pemilu Rp294 Triliun

JAKARTA— Pemilu akan memberikan tambahan belanja sekitar Rp294,5 triliun dengan perincian dari privat, calon anggota legislatif (caleg), calon presiden (capres) sekitar Rp258 triliun, sementara tambahan anggaran pemerintah pada 2024 lewat APBN senilai Rp36,5 triliun.

Tahun politik digadang-gadang bakal mendongkrak konsumsi yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi dengan target 5,2% pada 2024. Gelontoran dana pada putaran Pemilu 2024 ditaksir tembus ratusan triliun rupiah.

Advertisement

Hal tersebut disampaikan Founder Center of Reform on Economics (Core) Hendri Saparini. “Kalau menurut kami sekitar Rp294,5 triliun, dari yang privat, caleg, capres itu sekitar Rp258 triliun, dan 2024 akan ada tambahan Rp36,5 triliun dari APBN,” kata dia dalam Core Economic Outlook 2024 di Perpustakaan Nasional RI, Selasa (12/12/2023).

Jalanan Gaza Jadi Permakaman

DEIR AL BALAH – Jalanan di Gaza kini berubah menjadi tempat permakaman umum. Banyak keluarga yang memilih memakamkan jenazah kerabat mereka yang meninggal dunia akibat serangan udara Israel di semua tempat yang memungkinkan. Tempat permakaman itu pun menjadi permakaman massal darurat yang tersebar di seluruh Jalur Gaza.

Seperti diberitakan Anadolu, Sabtu (16/12/2023), akses ke tempat permakaman utama tertutup akibat agresi berkepanjangan yang menghancurkan banyak bangunan dan jalan. Hal ini memaksa pemakaman dilakukan di mana saja. Sejumlah warga Palestina yang diwawancarai oleh Anadolu mengatakan kuburan-kuburan tersebut hanya sebagai pemakaman sementara sampai gencatan senjata kemanusiaan diumumkan atau konflik berhenti.

Advertisement

Kepala Observatorium Euro-Mediterania untuk HAM, Rami Abdu, mengatakan timnya telah mendokumentasikan lebih dari 120 kuburan massal darurat di wilayah Jalur Gaza untuk menguburkan korban agresi Israel yang terus berlangsung. Dalam pernyataan sebelumnya kepada Anadolu, Abdu mengatakan bahwa “orang-orang di Jalur Gaza terpaksa membuat kuburan massal darurat di lingkungan perumahan, halaman rumah, jalan-jalan, balai nikah, dan stadion olahraga, mengingat sulitnya mengakses pemakaman utama yang sudah ada.”

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Senin (18/12/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif