News
Jumat, 6 November 2020 - 07:36 WIB

Solopos Hari Ini: Siaga Evakuasi

Tim Solopos  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Koran Solopos hari ini edisi Jumat (6/11/2020)

Solopos.com, SOLO--Koran Solopos hari ini edisi Jumat (6/11/2020) mengulas tentang siaga evakuasi terkait meningkatnya status Gunung Merapi.

Gunung Merapi menuju erupsi yang ditandai peningkatan status dari Waspada menjadi Siaga, Kamis (5/11/2020). Warga puluhan dusun di Cangkringan, (Sleman), Kemalang (Klaten), Selo (Boyolali), dan Dukun (Magelang), bersiap mengungsi.

Advertisement

Merapi Siaga, KPU Boyolali Siapkan Skenario Pemungutan Suara Pilkada Di Lokasi Pengungsian

Peningkatan status Merapi menjagdi Siaga mulai berlaku pada Kamis (5/11/2020) pukul 12.00 WIB. Pascaletusan eksplosif 21 Juni 2020 lalu, aktivitas kegempaan Merapi terus meningkat.

Advertisement

Peningkatan status Merapi menjagdi Siaga mulai berlaku pada Kamis (5/11/2020) pukul 12.00 WIB. Pascaletusan eksplosif 21 Juni 2020 lalu, aktivitas kegempaan Merapi terus meningkat.

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

Pilpres di Meja Hijau dan Jalanan

Hasil pemilu Presiden AS masih belum jelas siapa pemenangnya, memicu konflik baru di meja pengadilan dan di jalanan. Tim kampanye dan pengacara Trump telah mengajukan gugatan ke pengadilan di Negara Bagian Georgia untuk menghentikan penghitungan suara dengan dalih mencegah kecurangan. Gugatan juga dilancarkan tim Trump di Pennsylvania, dan Michigan dengan alasan ada ketidakwajaran dan upaya penipuan.”

Advertisement

Di Washington, New York City, Chicago, Illinois, Los Angeles, Seattle, Washington; Portland, Oregon; Philadelphia, Pennsylvania, dan Minneapolis, Minnesota, pengunjuk rasa turun ke jalan untuk mengampanyekan gerakan Count Every Vote atau Hitung Setiap Suara

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

Peternak Ayam Minta Ketegasan

Kondisi peternak rakyat belum pulih setelah mengalami kerugian akibat lebih pasokan pasar sejak 2018 hingga September 2020. Selama itu peternak mandiri ayam broiler menjual ayam di bawah harga pokok produksi (HPP).

Advertisement

Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjend PKH) Kementerian Pertanian mengenai pengurangan produksi atau yang dikenal sebagai SE cutting masih menimbulkan ketidakpastian. Lebih lagi, para peternak dihadapkan dengan isu rencana kenaikan pakan sebesar Rp200/kg sampai Rp300/kg.

Sehari Tambah 46 Warga Sragen Positif Covid-19, Klaster Keluarga Mendominasi

Permasalah tersebut mencuat dalam Rembuk Perunggasan Nasional: Menciptakan Kestabilan Harga Ayam dan Menyelamatkan Usaha Budidaya Peternak Mandiri yang digagas Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional (GOPAN) bersama Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat (PINSAR) di Lorin Solo Hotel, Kamis (11/5/2020). Rembuk tersebut dihadiri Dirjen PKH, Nasrullah.

Advertisement

Ketua PINSAR Jawa Tengah, Parjuni, menjelaskan SE cutting merupakan upaya untuk mengurangi produksi supaya harga tidak rusak. Aturan tersebut membutuhkan jaminan ketegasan berupa hukuman pidana supaya tidak terjadi kelebihan pasokan lagi.

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

Polresta Larang Nonbar dan Konvoi Kendaraan

Jajaran Polresta Solo melarang nonton bersama dan konvoi kendaraan pada saat debat perdana Pilkada Kota Solo pada Jumat (6/11/2020) malam. Warga Kota Solo dapat menyaksikan tayangan debat yang disiarkan televisi di rumah masing-masing.

Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjutak saat dijumpai wartawan di sela-sela kegiatannya pada Kamis (5/11/2020) malam mengatakan telah menyurat ke dua pasangan calon agar tidak ada pengerahan massa di lokasi debat maupun luar lokasi debat. Lalu, ia meminta untuk menghindari nonton bareng acara debat di rumah masing-masing.

Menurutnya, jika ditemukan pelanggaran ia telah berkoordinasi dengan Bawaslu Solo terkait sanksi pelanggaran. Kemudian, apabila Bawaslu sudah memberi sanksi namun tidak diindahkan, Kepolisian bisa memproses sesuai regulasi yang ada. “Tidak perlu nonbar, silakan mengakses tayangan di kediaman masing-masing,” papar Kapolresta Solo.

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif