News
Selasa, 5 Maret 2024 - 09:20 WIB

Solopos Hari Ini : Pilkada, PDIP Solo Tunggu DPP

Tim Solopos  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Selasa (5/3/2024).

Solopos.com, SOLO—Ulasan tentang PDIP Solo terkesan berhati-hati dalam menyongsong pemilihan kepala daerah (pilkada) Kota Solo yang akan datang diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi Selasa (5/3/2024).

“Kalau PDIP ada aturan, punya aturan yang jelas sehingga tahapan Pilkada pasti menunggu aturan partai yang diterbitkan apakah perekrutan terbuka atau internal,” jelas Ketua Bappilu DPC PDIP Solo, Her Suprabu, kepada wartawan, Senin (4/3/2024), seperti diberitakan Solopos hari ini.

Advertisement

“Kami masih menunggu, yang pasti siapa pun yang dicalonkan partai melalui tahapan-tahapan penjaringan tingkat anak ranting, ranting, DPC, dan ujungnya rekomendasi dari DPP [Dewan Pimpinan Pusat PDIP]. Selesai rekomendasi nanti jelas siapa yang diajukan,” ungkap dia.

Menurut dia, sesuai pengalaman Pilkada pernah dilakukan penjaringan tertutup maupun terbuka. DPC PDIP Solo masih fokus pada rekapitulasi suara sampai tingkat nasional.

Advertisement

Menurut dia, sesuai pengalaman Pilkada pernah dilakukan penjaringan tertutup maupun terbuka. DPC PDIP Solo masih fokus pada rekapitulasi suara sampai tingkat nasional.

Terpisah, Sekretaris DPC PDIP Kota Solo, Teguh Prakosa, melihat potensi tiga poros bagus dalam Pilkada Solo. “Mau tiga atau empat pasangan calon lebih bagus. Ada 20% atau 25% kursi DPRD, ya syaratnya itu saja. Bisa saja PKS dhewe, parpol lainnya dhewe, sampai sekarang PDIP belum bicara pilkada,” ungkap dia.

Di Solo, Makan Siang Gratis Butuh Rp1,25 M/Hari

SOLO—Program makan siang gratis yang didengungkan pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka terus dibicarakan meski mereka bahkan belum dinyatakan menjadi pemenang kontestasi Pilpres 2024. Hal ini karena pemerintah saat ini sudah mulai menyentuh program tersebut terkait penyiapan rencana anggaran 2025.

Advertisement

Mengacu pada jumlah peserta didik khusus SD se-Solo sebanyak 53.476 murid dan SMP sebanyak 30.451 siswa, setidaknya anggaran yang dibutuhkan untuk program makan siang gratis per harinya senilai Rp1,258 miliar dengan asumsi Rp15.000 per anak. Bujet tersebut belum mencakup susu yang juga merupakan paket dari rencana program makan siang gratis.

Mengejar Potensi Rp2.000 Triliun

JAKARTA—Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menghitung potensi peredaran uang di sektor pariwisata dan ekraf mencapai lebih dari Rp2.000 triliun apabila target wisatawan domestik sebanyak 1,25 miliar pada 2024 terpenuhi.

Angka tersebut didapat melalui asumsi terpenuhinya target wisatawan dalam negeri sebanyak 1,25 miliar di mana masing-masing individu menghabiskan Rp2 juta untuk pemenuhan akomodasi hotel, transportasi, paket wisata, serta makan.

Advertisement

“Kalau 1 miliar masing-masing wisatawan tadi membelanjakan uangnya Rp2 juta untuk beli makan, untuk nginep, untuk transportasi, beli paket wisata, akan ada Rp2.000 triliun uang berputar di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Itu target normal kami,” ujar Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf Dwi Marhen Yono dalam acara Astindo Travel Fair 2024 di Tangerang, Banten, Jumat (1/3/2024).

Indeks Kemahiran Bahasa Indonesia 88,24

JAKARTA—Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mencatat indeks kemahiran Berbahasa Indonesia tahun 2023 berada di level 88,24. Angka ini merupakan capaian positif.

Demikian disampaikan Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Kemendikbudristek M. Abdul Khak, Kamis (29/2/2024). Indeks kemahiran Berbahasa Indonesia adalah nilai rerata indeks karakteristik peserta Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) secara lisan dan tulis serta dalam pemahaman kaidah bahasa Indonesia yang digelar setiap tahun.

Advertisement

Standar kemahiran berbahasa Indonesia yang diukur melalui UKBI diikuti sejumlah peserta dari berbagai karakteristik penutur bahasa Indonesia. Karakteristik tersebut di antaranya pelajar, mahasiswa, kalangan profesional, pejabat fungsional, pejabat struktural, dan warga negara asing.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Selasa (5/3/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif