News
Senin, 23 Maret 2015 - 10:10 WIB

SOLOPOS HARI INI : Penyokong ISIS Ditangkapi

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Halaman Depan Harian Umum Solopos edisi Senin, 23 Maret 2015

Solopos hari ini memberitakan Densus 88 dan Satgas Khusus Polda Metro Jaya menangkap lima orang diduga terkait gerakan ISIS.

Solopos.com, SOLO – Aparat gabungan Detasemen Khusus Antiteror (Densus 88) Mabes Polri dan Satgas Khusus Polda Metro Jaya menangkap lima orang diduga terkait gerakan ISIS, di empat lokasi berbeda, Sabtu (21/3/2015).

Advertisement

Kabar ini menjadi berita utama Harian Umum Solopos hari ini, Senin (23/3/2015). Selain itu ada pula kabar dari laga Liga Inggris hingga laporan dari SLB C Yayasan Pendidikan Sekolah Luar Biasa (YPSLB) di Kerten, Laweyan, Solo.

Simak rangkuman berita utama Harian Umum Solopos edisi Senin, 23 Maret 2015, berikut;

AKSI TERORISME: Penyokong ISIS Ditangkapi

Advertisement

Aparat gabungan Detasemen Khusus Antiteror (Densus 88) Mabes Polri dan Satgas Khusus Polda Metro Jaya menangkap lima orang diduga terkait gerakan ISIS, di empat lokasi berbeda, Sabtu (21/3).

Salah seorang yang ditangkap adalah pengunggah video latihan perang anakanak oleh ISIS. ”Ada empat TKP lokasi penangkapan yaitu di Tambun, Bekasi; Cisauk, Tangerang; Cibubur, Bogor; dan Petukangan Jaksel. Tersangkanya ada lima orang,” kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol. Unggung Cahyono, saat jumpa pers di Tambun, Minggu (22/3).

Kelima orang yang ditangkap yakni M. Amin Mude, M. Fachri, Aprianul Henri alias Mul, Engkos Koswara alias Jack, dan Furqon. Pada Minggu kemarin, polisi menggeledah empat rumah yang menjadi tempat tinggal kelima orang ini. Di Tambun, Bekasi, petugas menangkap Koswara dan Furqon. ”FQ [Furqon] ini residivis kasus teror asal Bima,” kata Kapolda.

Advertisement

Kemudian, polisi menangkap Aprianul alias Mul di Petukangan, Jakarta Selatan. Sementara tersangka Fachri ditangkap di Pamulang, Tangerang Selatan, sedangkan Amin Mude ditangkap di depan Cibubur Junction, Cibubur.

Dari kelima orang tersebut, M. Fachri adalah orang yang diduga mengunggah video anak-anak yang sedang berlatih ISIS ke Internet. ”Tersangka MF [M. Fachri] ini dia yang meng-upload berita-berita provokasi dan kebencian di Internet, video anak-anak yang lagi latihan itu,” kata Kapolda.

Kapolda mengatakan keterlibatan Fachri yakni sebagai pelaksana dalam pembinaan, pengarahan, dan perekrutan simpatisan ISIS yang akan berangkat ke Irak dan Suriah. ”Dia juga mendanai mereka-mereka yang akan berangkat ke Suriah dan Irak,” jelas Kapolda.

(Baca Juga: Simpatisan ISIS Ditangkap Polisi adalah Penyandang Dana, Waspada! Polri Sebut Indonesia Ladang ISIS!, Polisi Akhirnya Tangkapi Simpatisan ISIS, Ini Foto-Fotonya…)

PEKERJA ANAK: Kerja di Tambang untuk Main Game

Hari masih pagi, Jumat dua pekan lalu, saat Jumadi, 16, keluar dari rumah orang tuanya, sekitar pukul 05.00 WIB. Ia sama sekali tak memedulikan hawa dingin yang menusuk kulit.

Ia menuntun keluar rumah sepeda motor buatan 1990-an, Mesin ia hidupkan dan dibiarkannya menyala sejenak sebelum memulai aktivitasnya hari itu. Warga Dukuh Trayu, Desa Kendalsari, Kecamatan Kemalang, Klaten itu lantas menyusuri jalan semipermanen menuju Kali Woro, sungai yang menjadi salah satu jalan aliran lahar dingin dari Gunung Merapi.

Jalannya berkelok, kadang naik, kadang turun. Di kanan dan kiri jalan banyak jurang yang terbentuk karena pengerukan pasir dan batubatuan pada masa lalu. Di ujung jalan yang merupakan jalan masuk Kali Woro, Gunung Merapi terlihat gagah di sisi utara.

LIGA INGGRIS: Manis Mata, Pahit Gerrard

Manchester United mematahkan rekor tak terkalahkan Liverpool dalam 13 laga Liga Premier secara beruntun setelah menang dengan skor 2-1 di Stadion Anfield, Liverpool, Minggu (22/3) malam WIB.

Bentrok di Anfield dipenuhi drama. Gelandang United, Juan Mata, menjadi pahlawan kemenangan timnya dengan memborong dua gol sekaligus. Gol pertama Mata dilesakkan setelah menerima umpan manis dari Ander Herrera pada menit ke-14.

Tertinggal satu gol, The Reds, julukan Liverpool, berusa mengejar ketertinggalan di babak kedua. Manajer Liverpool, Brendan Rodgers, memasukkan kapten Steven Gerrard menggantikan Adam Lallana pada menit ke-46.

(Baca Juga: Manis untuk Mata, Pahit untuk Gerrard, Laga Terakhir Gerrard Lawan MU Berakhir Tragis, Red Devils Kalahkan The Reds 2-1 di Anfield)

PENYANDANG TUNAGRAHITA: Belajar Keterampilan Hidup di SLB C

Mendidik anak-anak penyandang tunagrahita dengan Intelegent quotient (IQ) di bawah 70 butuh keterampilan tersendiri. Berikut laporan wartawan Solopos, Ayu Prawitasari.

Pelajaran olahraga segera dimulai, Sabtu (14/3) pagi. Suara peluit dan teriakan sejumlah guru memenuhi halaman SLB C Yayasan Pendidikan Sekolah Luar Biasa (YPSLB) di Kerten, Laweyan, Solo.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif