News
Selasa, 5 Agustus 2014 - 10:30 WIB

SOLOPOS HARI INI : Pemerintah Larang ISIS, Kantor Transisi Jokowi hingga 4 SPBU di Soloraya Batasi Penjualan Solar

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Halaman Depan Harian Umum Solopos edisi Selasa, 5 Agustus 2014

Solopos.com, SOLO – Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) masih jadi isu sentral pemberitaan nasional. Masuknya gerakan kelompok politik timur tengah di tanah air ini ditanggapi oleh sejumlah pihak. Pemerintah melarang WNI untuk mendukung gerakan ISIS.

Kabar ini jadi berita utama Harian Umum Solopos edisi hari ini, Selasa (5/8/2014). Dilaporkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membawa kasus itu ke rapat terbatas di Istana.

Advertisement

Sedangkan kabar lain, datang dari transisi pemerintahan RI. Jokowi meresmikan Kantor Transisi yang digunakan untuk persiapan kabinet, Senin (4/8/2014). Mantan Menperindag era Megawati, Rini Mariani Soemarno, didaulat jadi pemimpin Kantor Transisi itu.

Simak rangkuman berita Solopos edisi Selasa, 5 Agustus 2014 berikut;

GERAKAN RADIKAL: Pemerintah Larang ISIS

Advertisement

Adanya dukungan WNI terhadap Negara Islam Irak dan Suriah atau Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) membuat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membawa kasus itu ke rapat terbatas di Istana.

Hasilnya, Pemerintah Republik Indonesia (RI) menolak paham ISIS berkembang di Indonesia karena tidak sesuai dengan ideologi Pancasila dan kebinekaan yang menaung dalam NKRI. ISIS merupakan gerakan yang bercitacita mendirikan negara kekhalifaan Islam di kawasan Timur Tengah.

Gerakan ini dipimpin Abu Bakr al-Baghdadi. ISIS dikenal sebagai gerakan radikal garis keras dalam melakukan misinya seperti pembunuhan massal dan bom bunuh diri.

”Pemerintah dan negara menolak dan tidak mengizinkan paham ISIS yang akhir-akhir ini menjadi IS [Islamic State] berkembang di Indonesia karena tidak sesuai dengan ideologi Pancasila dan kebinekaan kita di bawah NKRI,” kata Menteri Politik, Hukum, dan HAM, Djoko Suyanto, dalam jumpa pers setelah rapat terbatas di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (4/8).

Advertisement

Untuk itu, menurut dia, setiap pengembangbiakan paham tersebut harus dicegah dan Indonesia ditegaskan tidak boleh menjadi tempat bersemayam paham ISIS/IS. Djoko menegaskan warga Indonesia harus menghormati negaranya sendiri yang menganut asas kebinekaan yang terdiri atas beragam suku, agama, ras, dan golongan. Ia juga mengemukakan salah satu tindakan yang bakal dilakukan pemerintah adalah mencegah berdirinya perwakilan formal dari ISIS/IS.

(Baca Juga: Kemenkum Sebut Baasyir Ditekan Baiat Pendukung ISIS, Aktor Video ISIS Sudah Setahun Jadi Buron Polisi, Muhammadiyah Sebut ISIS Terorisme Gaya Baru)

BBM BERSUBSIDI: 4 SPBU di Soloraya Batasi Penjualan Solar

Pembatasan penjualan solar bersubsidi pukul 08.00 WIB-18.00 WIB hanya diberlakukan di 35 dari 724 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di wilayah Jateng dan DIY. Sedangkan untuk wilayah Soloraya, hanya ada empat SPBU yang terkena pemberlakuan aturan pembatasan penjualan solar bersubsidi ini.

Advertisement

Untuk wilayah yang masuk dalam jalur utama logistik seperti pantai utara (pantura), jalur tengah, jalur penghubung pantura, dan jalur selatan, tidak dikenai pemberlakuan pembatasan jam penjualan solar bersubsidi.

External Relation PT Pertamina Marketing Operation Region Jateng-DIY, Robert M.V. Dumatubun, menyampaikan pada Senin (4/8), Pertamina pusat merevisi penerapan kebijakan baru tersebut.

Dia menerangkan pada awalnya ada sekitar 50% dari total SPBU yang ada di Jateng dan DIY yang menerapkan aturan baru tersebut tapi kemudian direvisi hanya 5% SPBU. Robert menyampaikan keputusan tersebut mulai berlaku mulai Senin pukul 18.00 WIB.

(Baca Juga: Tambahan Pasokan Bensin SPBU Soloraya Mulai Berdatangan, Kewalahan Diserbu, SPBU Soloraya Minta Kiriman Tambahan)

Advertisement

PEMERINTAHAN BARU: Rini Soemarno Pimpin Kantor Transisi Jokowi-JK

Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Kantor Transisi untuk membantunya mempersiapkan arsitektur kabinet, Senin (4/8). Mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan pada era Presiden Megawati, Rini Mariani Soemarno, memimpin Kantor Transisi itu.

Kantor Transisi berada di sebuah rumah berarsitektur Belanda di Jl. Situbondo No. 10, Menteng, Jakarta Pusat, sebelah tenggara Taman Kodok Menteng. Di rumah itu, tim bentukan Jokowi-JK merancang susunan kabinet setelah pasangan itu dilantik menjadi presiden dan wakil presiden periode 2014-2019.

Tak hanya itu, tim itu akan memetakan persoalan-persoalan yang dihadapi pemerintahan sekarang dan mendatang. Mereka juga diminta menjabarkan visi misi presiden dan wakil presiden terpilih dalam rencana dan program kebijakan.

(Baca Juga: Siapkan Kabinet Jokowi-JK, Ini Kantor Transisi, Kantor Transisi Jokowi-JK Fokus Bentuk Pokja, Rini Soemarno Pimpin Kantor Transisi Jokowi-JK, Ini Kantor Transisi Jokowi Sebelum Masuk Istana)

PRESTASI VOCALISTA ANGELS: Minim Perhatian, Kaya Prestasi di Luar Negeri

Advertisement

Paduan Suara Vocalista Angels asal Klaten kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Namun jalan menuju ke sana begitu terjal. Ikuti kisahnya seperti ditulis wartawan Solopos,

Kalang kabut. Itulah yang dirasakan C.A. Tersierra Rosa setiap menengok kalender beberapa bulan lalu. Hampir setiap hari otaknya berpikir keras. Bagaimana tidak, perempuan berkacamata ini harus mengumpulkan duit miliaran rupiah dalam waktu cukup singkat. Ya, jadwal tampil Paduan Suara Vocalista Angels di World Choir Games (WCG) 2014 di Latvia saat itu sudah semakin dekat.

(Baca Juga: Habis Juara di Latvia, Vocalista Angels Diundang Ke Swiss, Sempat Diusir Polisi, Vocalista Angels Berjaya di Latvia, Spirit in Memory ala Vocalista Angels Choir)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif