News
Sabtu, 11 Oktober 2014 - 10:45 WIB

SOLOPOS HARI INI : Pelantikan Jokowi Dijamin Aman, Timnas U-19 Kalah hingga Kepulangan Jemaah Haji

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Halaman Depan Harian Umum Solopos edisi Sabtu, 11 Ooktober 2014

Solopos.com, SOLO – Kabar pelatikan Jokowi 20 Oktober mendatang dan kekalahan Timnas U-19 jadi berita utama Harian Umum Solopos hari ini, Sabtu (11/10/2014).

Diberitakan, Ketua MPR, Zulkifli Hasan, Ketua DPR, Setya Novanto, dan Ketua DPD, Irman Gusman memastikan 20 Oktober mendatang dijamin aman, sejuk, dan damai karena suhu politik berangsur dingin.

Advertisement

Sedangkan Timnas U-19 akhirnya ditumbangkan Uzbekistan U-19 dengan skor 1-3. Dari kabar ibadah haji, satu per satu anggota jemaah haji turun dari pesawat Garuda Indonesia, Jumat (10/10) sore. Mereka mengenakan batik berwarna hijau dengan kombinasi ungu dan putih yang menjadi seragam resmi ibadah haji 2014.

Simak rangkuman berita utama Harian Umum Solopos edisi Sabtu, 11 Oktober 2014, berikut;

LEMBAGA NEGARA: Pelantikan Jokowi Dijamin Aman

Advertisement

Pelantikan calon presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan calon wakil presiden terpilih Jusuf Kalla (JK) pada 20 Oktober mendatang dijamin aman, sejuk, dan damai karena suhu politik berangsur dingin.

Kepastian itu disampaikan para pemimpin lembaga negara yakni Ketua MPR, Zulkifli Hasan, Ketua DPR, Setya Novanto, dan Ketua DPD, Irman Gusman, seusai menghadiri pertemuan dengan Jokowi di Hotel Hermitage Menteng, Jakarta, Jumat (10/10) malam.

Pertemuan yang diselingi makan malam itu berlangsung selama hampir dua jam. Zulkifli Hasan dalam konferensi pers mengatakan sudah menggelar rapat pimpinan dan bertemu KPU untuk membahas teknis pelantikan.

Advertisement

(Baca Juga: Jokowi Gelar Pertemuan dengan Ketua DPR dan MPR, Inilah Peta Pengamanan Pelantikan Jokowi-JK, SBY: Isu MPR Jegal Pelantikan Jokowi Aneh dan Menyesatkan, Soal Isu Penjegalan Jokowi-JK, KIPP : Jangan Umbar Paranoid ke Publik!)

IBADAH HAJI: Sujud Syukur, Semoga Jadi Haji Mabrur

Satu per satu anggota jemaah haji turun dari pesawat Garuda Indonesia, Jumat (10/10) sore. Mereka mengenakan batik berwarna hijau dengan kombinasi ungu dan putih yang menjadi seragam resmi ibadah haji 2014. Sambil menyeret koper berukuran sedang, mereka melangkah meninggalkan pesawat di Bandara Adi Soemarmo, Ngemplak, Boyolali.

Setelah beberapa langkah meninggalkan pesawat, terlihat seorang pria paruh baya langsung bersujud. Tanpa alas apa pun ia menempelkan dahinya di aspal landasan pesawat. Sementara beberapa meter dari pria paruh baya tadi rombongan orang juga terlihat bersujud. Bedanya mereka terlebih dahulu menggelar sorban sebagai alas.

(Baca Juga: Jemaah Haji Indonesia Mulai Pulang ke Tanah Air, 19 Oktober 2014, Jamaah Tiba di Jogja)

AFC CUP U-19: Ayo, Bangkit Garuda Jaya

Tampil kurang maksimal, Timnas Indonesia U-19 dipaksa mengakui ketangguhan Uzbekistan dengan skor 1-3 dalam laga perdana Grup B AFC Cup U-19 di Youth Training Centre, Yangon, Myanmar, Jumat (10/10).

Tiga gol kemenangan Uzbekistan masing-masing dicetak oleh Khamdanov Dostonbek pada menit ke-18, Urinboev Zabikhillo menit ke-22, dan Shukurov Otabek pada menit ke-85. Sementara satu-satunya gol Indonesia dicetak oleh Paolo Sitanggang pada menit ke-57.

”Uzbekistan memang layak menang, mereka bermain bagus. Masih ada dua pertandingan lagi, kami akan bermain maksimal,” kata Paolo Sitanggang seusai pertandingan. Sedangkan pelatih Indra Sjafri mengakui anak asuhnya kurang maksimal dan tidak menunjukkan identitas permainan mereka sebenarnya.

(Baca Juga: TIMNAS U-19 VS UZBEKISTAN : Sering Bikin Kesalahan, Indonesia Kalah Telak 1-3)

PERTAMBANGAN BATU: Brown Canyon, Keindahan Tambang Padas

Jika di Arizona, Amerika Serikat, ada Grand Canyon yang jadi lokasi wisata sangat terkenal itu, di Jateng punya BrownCanyon. Simak perjalanan wartawan Solopos, Insetyonoto, ke lokasi yang berbentuk hamparan bukit padas ini.

BrownCanyon. Nama ini masih terdengar asing di telinga. Berbau kebarat-baratan namun lokasinya di Jawa Tengah. Informasi awal yang Espos terima, BrownCanyon terletak di wilayah Semarang timur.

Berbekal informasi minim yang didapat dari Internet, saat matahari tepat di atas ubun-ubun, perjalanan menuju BrownCanyon pun dimulai. Berdasar data dari Internet, BrownCanyon berlokasi di sebuah kawasan perbukitan di Perumnas Pucang Gading, masuk wilayah Kebun Batur, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak. Bukan di Kota Semarang.

Perjalanan sejatinya relatif mudah karena Perumnas Pucang Gading berada 5 kilometer dari jalan raya utama Semarang-Demak-Grobogan. Jika perjalanan diawali dari kawasan Simpang Lima, Kota Semarang, jarak tempuh sekitar 11 km menuju timur, melewati Jl. A. Yani ke arah Mranggen, Demak.

Namun tetap saja Espos sempat tersesat ketika mulai berbelok dari pertigaan jalan ke arah Stasiun TVRI Jawa Tengah di Pucang Gading. Namun setelah bertanya kepada warga sekitar, sampai juga Espos ke lokasi yang dikatakan seindah Grand Canyon di AS ini.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif