News
Sabtu, 6 Januari 2024 - 07:28 WIB

Solopos Hari Ini : Momentum Evaluasi Layanan Kereta Api

Tim Solopos  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Sabtu (6/1/2024).

Solopos.com, JAKARTA—Ulasan tentang layanan perkeretaapian nasional yang mendapat pukulan dengan musibah tabrakan Kereta Api (KA) Turangga dan KA Commuter Line Bandung Raya, Jumat (5/1/2024), diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi Sabtu (6/1/2024). Empat orang yang kesemuanya personel PT KAI meninggal dunia.

Diberitakan Solopos hari ini, berdasarkan pernyataan Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Ayep Hanapi, yang dikutip BBC, awalnya KA Commuter Line Bandung Raya baru saja meninggalkan Stasiun Haurpugur dan tengah menuju tujuan akhirnya di Stasiun Cicalengka. Sementara itu, KA Turangga sudah melewati Stasiun Garut dan dalam perjalanan ke Stasiun Bandung.

Advertisement

Dua kereta ini bertabrakan di petak jalan antara Stasiun Haurpugur dan Stasiun Cicalengka pada pukul 06.03 WIB. Tabrakan terjadi di jalur tunggal. Dalam prosedur lalu lintas di jalur Haurpugur-Cicalengka, hanya satu kereta yang boleh melintas di jalur tunggal itu. Ayep berkata, jalur tunggal itu diprioritaskan untuk kereta jarak jauh.

Artinya, kereta lokal harus berhenti dan menunggu jalur itu kosong. ”Kereta lokal menunggu di stasiun, setelah kilometer aman barulah kereta itu boleh melanjutkan perjalanan,” ujar Ayep. Pengaturan lalu lintas di jalur ini dikoordinasikan oleh seorang pemimpin perjalanan kereta api (PPKA).

Advertisement

Artinya, kereta lokal harus berhenti dan menunggu jalur itu kosong. ”Kereta lokal menunggu di stasiun, setelah kilometer aman barulah kereta itu boleh melanjutkan perjalanan,” ujar Ayep. Pengaturan lalu lintas di jalur ini dikoordinasikan oleh seorang pemimpin perjalanan kereta api (PPKA).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa kecelakaan ini menjadi momen untuk meningkatkan kembali pelayanan di sektor perkeretaapian. ”Kecelakaan itu adalah suatu pelajaran yang mahal bagi kita dan marilah kita bersama-sama meng-improve apa yang menjadi layanan kita semuanya,” ucap Menhub di Jakarta, Jumat.

Intip Sikap Capres Soal Pertahanan dan Dunia

JAKARTA—Debat ketiga capres Pemilu 2024 akan berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). Topik kali ini adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Advertisement

Dia menyebut ada kendala keterbatasan anggaran Kementerian Pertahanan, sehingga para capres diharapkan dapat menjelaskan terkait pembangunan postur negara di tengah keterbatasan anggaran. Panelis menurut dia juga akan memberikan perhatian pada pembelian alat utama sistem persenjataan (alutsista) bekas yang masih dilakukan hingga saat ini.

Pundi-pundi Rupiah di Balik Bisnis Kecantikan Kuku

Kuku yang cantik dan menarik menjadi salah satu impian beberapa orang. Merawat kuku bukan hanya soal cinta tubuh. Tapi juga menunjang penampilan dan gaya hidup. Oleh karena itu, bisnis dan konsumsi jasa kecantikan kuku atau nail art kian diminati oleh masyarakat.

Nail art atau seni menghias kuku kini dinamis. Berbagai macam desain, warna, aksesori, kuteks gel, glitter, hingga stiker digunakan guna mempercantik kuku. Kini, makin mudah menemukangaleri dan studio nail art di Kota Solo. Mereka tak lagi menjadi salon kuku yang mahal atau eksklusif. Nail art kini bisa dijangkau dan menjadi usaha siapa saja. Sebab, harganya kian murah.

Advertisement

Orang kini tak sekadar menjaga kebersihan kuku. Bahkan, sebagian orang rela menganggarkan uang hanya untuk mempercantik pelindung ujung jari itu. Perkembangan teknologi dan media sosial memberi banyak referensi desain seni menghias kuku. Konon, aktivitas menghias kuku sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

2023 Tahun Neraka Bagi Hewan

Kasus kekerasan dan penyiksaan terhadap hewan di Indonesia kembali menjadi sorotan. Aktivis hak-hak hewan menyebut 2023 disebut sebagai tahun neraka bagi hewan.

Kasus kekerasan dan penyiksaan hewan di Indonesia kerap berulang. Setelah terungkapnya penyiksaan monyet di Tasikmalaya, Jawa Barat; muncul kasus anjing yang diseret dengan motor di Jambi, Kuta Selatan, dan Makassar; anjing mati diracun di Magelang; serta kucing yang dicekoki miras oleh sekelompok perempuan di Padang.

Advertisement

Kasus terakhir terjadi di Tebing Tinggi, Sumatra Utara. Muncul video perempuan muda memaksa seekor kucing untuk merokok. Video itu viral di dunia maya dan memicu kemarahan publik.K etua Animal Defenders Indonesia, Doni Herdaru Tona, mengatakan kekerasan dan penyiksaan terhadap hewan di Indonesia memiliki beragam level kesadisan.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Sabtu (6/1/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif