News
Selasa, 23 April 2024 - 08:19 WIB

Solopos Hari Ini : MK Tolak Gugatan Sengketa Pilpres

Tim Solopos  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Selasa (23/4/2024).

Solopos.com, JAKARTA–Ulasan tentang Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan menolak seluruh permohonan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar serta Ganjar Pranowo-Mahfud Md. dalam gugatan Pilpres 2024 diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Selasa (23/4/2024).

Diberitakan Solopos hari ini, dengan demikian penetapan KPU mengenai terpilihnya Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 dinyatakan sah.

Advertisement

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari mengatakan bahwa lembaga tersebut akan menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih pada Rabu (24/4/2024).

Hasyim mengatakan keputusan itu diambil setelah MK menyatakan bahwa pokok permohonan yang diajukan oleh pemohon dalam perkara tersebut adalah tidak beralasan menurut hukum.

Advertisement

Hasyim mengatakan keputusan itu diambil setelah MK menyatakan bahwa pokok permohonan yang diajukan oleh pemohon dalam perkara tersebut adalah tidak beralasan menurut hukum.

Diketahui, salah satu tuntutan yang diajukan oleh pemohon satu, yaitu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, adalah agar Hakim MK menyatakan pembatalan Keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 tentang pene­tapan Hasil Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota secara Nasional dalam Pemilu 2024 yang ditetapkan pada Rabu, 20 Maret 2024 pada pukul 22.19 WIB sepanjang diktum kesatu.

Putri Mantan Bupati Sragen Resmi Daftar Cabup

SRAGEN—Putri mantan Bupati Sragen Untung Wiyono resmi mendaftar sebagai calon bupati (cabup) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sragen lewat Partai Demokrat Sragen, Senin (22/4/2024) sore.

Advertisement

Wina, sapaan akrabnya, bersama sejumlah pendamping, tiba di Kantor DPC Partai Demokrat Sragen pada pukul 15.25 WIB. Ketua DPC Partai Demokrat Sragen Budiono Rahmadi datang kemudian dan menyambut Wina. Mereka kemudian langsung masuk ke dalam ruangan untuk berdiskusi secara tertutup dengan pengurus Partai Demokrat lainnya.

Setelah berdiskusi selama satu jam, akhirnya Wina memutuskan untuk mengisi formulir pendaftaran sebagai cabup. Wina merupakan orang per­tama yang mendaftar sebagai cabup Partai Demokrat Sragen. Sebelumnya sudah ada tiga orang pendaftar sebagai calon wakil bupati (cawabup), yakni Inggus Subaryoto, Joko Saptono, dan Harmono yang semuanya kader internal Partai Demokrat Sragen.

Kemendag akan Revisi Lartas Impor

JAKARTA—Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersedia menindaklanjuti usulan Asosiasi Produsen Tepung Terigu Indonesia (Aptindo) untuk mengeluarkan premiks fortifikan atau bahan penolong tepung terigu dari aturan pembatasan impor barang (lartas) Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 36 Tahun 2023.

Advertisement

Direktur Impor Kemendag Arif Sulistiyo mengatakan telah menerima surat dari Aptindo terkait menipisnya ketersediaan premiks fortifikan untuk industri terigu nasional karena terdampak terhadap perubahan peraturan impor.

“Prinsipnya kami setuju dan kami tindaklanjuti usulan tersebut. Nanti kami masukkan dalam revisi Permendag 36, saat ini kami sedang menyusun revisi Permendag Nomor 36 Tahun 2023,” ujar Arif, Rabu (17/4/2024) seperti dilansir Antaranews.

Campur Aduk Perasaan Ko Hee-jin

Pelatih Jung Kwan Jang Red Sparks, Ko Hee-jin, telah tiba di Korea Selatan (Korsel) melalui Bandara Internasional Incheon pada Senin (22/4/20224) pagi waktu setempat setelah menjalani pertandingan melawan Indonesia All Star pada Sabtu (20/4/2024) malam WIB.

Advertisement

Red Sparks dipimpin Ko Hee-jin berangkat dari Korea pada 16 April dan berpartisipasi dalam beberapa acara lokal selama tur di Indonesia memenuhi undangan Kementerian Olahraga (Kemenpora). Pertandingan Indonesia All Star vs Red Sparks dilangsungkan di hadapan 13.000 penonton (berdasarkan data penejualan tiket yang diumumkan penyelenggara) di Indonesia Arena.

Setelah menyelesaikan seluruh jadwal tur, Red Sparks kembali ke Korea dengan penerbangan Asiana Airlines OZ762, Minggu (21/4/2024) malam WIB. Dalam sebuah wawancara dengan Thesportstimes, setelah tiba di bandara, Senin, Ko Hee-jin menyampaikan apa yang dia rasakan selama berada di Indonesia. Dia mengaku heran sekaligus haru dengan banyaknya cinta yang dia rasakan dari publik Indonesia kepada timnya.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Selasa (23/4/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif