News
Senin, 1 April 2024 - 11:08 WIB

Solopos Hari Ini : Kejar Selesaikan Infrastruktur

Tim Solopos  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Senin (1/4/2024).

Solopos.com, KLATEN–Ulasan tentang penggarapan aneka proyek infrastruktur transportasi terus dikebut agar bisa dimanfaatkan saat musim mudik dan balik Lebaran 2024 diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi Senin (1/4/2024).

Diberitakan Solopos hari ini, salah satunya untuk persiapan peng­operasian secara fungsional ruas jalan tol Solo-Jogja, penggarapan dilakukan secara maraton hingga malam terutama di wilayah Kecamatan Ngawen, Klaten, yang menjadi lokasi akses keluar dan masuk jalan tol. Aktivitas proyek tol hingga malam itu terutama di sisi barat lokasi yang disiapkan untuk titik keluar-masuk tol Solo-Jogja.

Advertisement

Pimpinan Proyek PT Jasamarga Jogja Solo, Muhammad Ahdal Masruhin, membenarkan bahwa pengerjaan siang malam itu berkaitan dengan persiapan pengoperasian tol secara fungsional pada arus mudik dan balik Lebaran. “Hanya perapihan-perapihan saja,” kata Ahdal saat dihubungi Espos, Minggu (31/3/2024).

Seperti diberitakan sebelumnya, tol Solo-Jogja bakal di­operasikan secara fungsional pada arus mudik dan balik Lebaran 2024. Ruas yang akan dibuka untuk sementara yakni dari Kartasura hingga Ngawen, Klaten atau sepanjang 22 km. Jalan tol dibuka untuk satu arah dan beroperasi pukul 06.00 WIB-17.00 WIB.

Advertisement

Seperti diberitakan sebelumnya, tol Solo-Jogja bakal di­operasikan secara fungsional pada arus mudik dan balik Lebaran 2024. Ruas yang akan dibuka untuk sementara yakni dari Kartasura hingga Ngawen, Klaten atau sepanjang 22 km. Jalan tol dibuka untuk satu arah dan beroperasi pukul 06.00 WIB-17.00 WIB.

Hanya kendaraan golongan 1 saja yang boleh masuk Pada arus mudik atau 5-11 April 2024, tol fungsional ber­operasi dari arah Kartasura ke Klaten. Pada 12-15 April 2024, tol beroperasi sebaliknya. Lokasi yang disiapkan untuk akses keluar dari tol saat arus mudik dan akses masuk saat arus balik dari ruas jalan nasional maupun provinsi yakni di Ngawen serta Kuncen.

Kandidat Hasil Survei Tunggu Keputusan Partai

SOLO—Sejumlah nama bermunculan sebagai kan­didat calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota Solo di Pilkada 2024. Yang terbaru muncul adalah hasil survei dari lembaga riset Solo Raya Survei.

Advertisement

Saat berbincang dengan wartawan baru-baru ini, Sekar memberikan tanggapan atas hal tersebut. “Pertama saya bersyukur dipertimbangkan untuk posisi yang sangat penting, punya beban besar, dan privilege yang besar. Apa yang terjadi setelah survei kita tunggu. Karena kami juga kader partai,” ujar dia.

Fesyen Sumbang Rp225 Triliun/Tahun

JAKARTA–Industri fesyen memberikan kontribusi sebesar 17,6% dari total nilai tambah ekonomi kreatif kepada ekonomi Indonesia, yaitu senilai Rp225 triliun. Hal itu diungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno di salah satu ajang fesyen tahunan terbesar di Indonesia, yaitu Indonesia Fashion Week 2024.

Sandiaga berharap Indonesia Fashion Week 2024 mampu memperkuat ekosistem fesyen di Tanah Air. Mengutip laman kemenparekraf.go.id yang diakses Minggu (31/3/2024), dalam Opening Indonesia Fashion Week 2024 yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Rabu (27/3/2024), Sandiaga menjelaskan kontribusi fesyen di Indonesia sebesar 17,6% dari total nilai tambah ekonomi kreatif kepada ekonomi Indonesia, yaitu Rp225 triliun.

Advertisement

Jumlah lapangan kerja yang diciptakan sektor fesyen mencapai 17% dari total 25 juta lapangan kerja yang disumbangkan sektor ekonomi kreatif. Kontribusi nilai ekspor terbesar di sektor ekonomi kreatif adalah fesyen dengan total US$16,5 miliar pada 2022.

Persis Siap “Terpeleset” ke Championship Series

SOLO – Manajer Persis Solo, Chairul Basalamah, optimistis Laskar Sambernyawa bisa lolos ke empat besar dan melaju ke Championship Series Liga 1 2023. Ia menyebut para pemain Persis Solo sangat fokus untuk terus mendapatkan hasil maksimal di setiap laga.

Selepas laga melawan RANS Nusantara di Stadion Manahan Solo, Sabtu (30/3/2024) malam, pria yang akrab disapa Wan Abud itu menyebut sejak awal para pemain Persis Solo berkomitmen tampil maksimal, terutama di laga kandang.

Advertisement

“Sejak awal, target kami sama, tidak berubah, kami tidak mau terlena dengan apa pun. Sejak awal kami bertekad 12 laga di era coach Milo [Milomir Seslija], kami ingin bermain yang terbaik di kandang. Jadi kami harus optimistis, jika istilahnya terpeleset ke Championship Series kenapa enggak, tapi saya enggak mau membebani pemain sejak awal saya ingin jaga 12 laga. Saya ingin pemain tampil terbaik hasil akan mengikuti,” ucapnya saat diwawancara Espos, Sabtu (30/3/2024).

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Senin (1/4/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif