News
Jumat, 26 April 2024 - 10:22 WIB

Solopos Hari Ini : Kans Poros Ketiga Pilkada Solo

Tim Solopos  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Jumat (26/4/2024).

Solopos.com, SOLO–Ulasan tentang DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Solo membuka lebar kemungkinan membentuk poros ketiga dalam Pilkada Solo 2024 diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Jumat (26/4/2024). Mereka pun telah menyiapkan tiga kader terbaiknya untuk mengisi posisi Calon Wali Kota atau Calon Wakil Wali Kota Solo.

Diberitakan Solopos hari ini, penjelasan itu disampaikan Ketua DPD PKS Solo, Daryono, Kamis (25/4/2024). “Kalau dengan dua poros yang ada, kami kurang bisa menjalin komunikasi, ya memungkinan untuk poros ketiga. Kan hanya sembilan kursi. Dan itu jadi amanat Musda PKS kemarin,” terang dia.

Advertisement

Daryono menjelaskan, PKS sudah mempunyai modal tujuh kursi DPRD Solo hasil Pemilu 2024. Dengan kursi sebanyak itu, PKS hanya butuh tambahan dua kursi untuk bisa mengusung Cawali-Cawawali sendiri di Pilkada 2024. “Ya kan ada PAN, PKB, Golkar juga. Ya saya kira kami belum bisa memu­tuskan, karena baru memulai komunikasi,” imbuh dia.

Bicara peluang poros pertama dan kedua, Daryono menyebut poros PDIP serta poros Partai Gerindra-PSI. “Kami melihat kan poros utamanya kalau di Solo kan masih PDIP yang punya 20 kursi. Kemudian poros keduanya ya barangkali partai-partai yang kemarin mengusung Capres Pak Prabowo, ada Partai Gerindra dan PSI,” urai dia.

Advertisement

Bicara peluang poros pertama dan kedua, Daryono menyebut poros PDIP serta poros Partai Gerindra-PSI. “Kami melihat kan poros utamanya kalau di Solo kan masih PDIP yang punya 20 kursi. Kemudian poros keduanya ya barangkali partai-partai yang kemarin mengusung Capres Pak Prabowo, ada Partai Gerindra dan PSI,” urai dia.

Disinggung figur Cawali-Cawawali Solo, Daryono menyatakan PKS mempunyai tiga orang. Mereka yaitu Wakil Ketua DPRD Solo, Sugeng Riyanto; Ketua DPD
PKS Solo, Daryono, dan Caleg DPRD Solo di Pemilu 2024, Abdul Kadir Audah. Daryono mengakui aspek figur atau calon sangat penting ketika parpol akan membentuk koalisi atau poros. Aspek figur tidak kalah penting dari aspek kendaraan atau koalisi.

Calon Rektor Dulu Boleh Mendaftar Lagi

SOLO—Orang-orang yang dulu pernah mendaftarkan diri dalam pemilihan rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) yang lalu dipersilakan untuk mendaftar lagi untuk pemilihan yang akan datang.

Advertisement

Dengan begitu nama-nama calon rektor yang sebelumnya ikut serta dalam pemilihan rektor UNS pada 2022 lalu bisa ikut. Nama yang dimaksud seperti Hartono, I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani, dan Sajidan yang sempat ditetapkan MWA sebagai Calon Rektor UNS Masa Bakti 2023-2028.

Impor Gandum Melonjak

JAKARTA–Konsumsi warga terhadap makanan berbasis gandum seperti mi instan terus meningkat. World Instant Noodles Association (WINA) pada 2022 mencatat Indonesia berada di posisi kedua sebagai negara dengan konsumsi mi instan terbanyak di dunia setelah China. Situasi ini menyebabkan impor gandum melonjak.

Data WINA pada 2022 menunjukkan konsumsi mi instan di Indonesia pada 2022 mencapai 14,26 juta porsi atau meningkat dari konsumsi 2021 yang sebanyak 13,27 juta porsi. Adapun negara pertama dengan konsumsi mi instan terbanyak adalah China dengan angka konsumsi mencapai 45,07 juta porsi pada 2022.

Advertisement

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan impor gandum dan meslin pada 2023 hingga November mencapai 9,47 juta ton. Jumlah impor tersebut naik sekitar 74.974 ton dari total impor pada 2022 sebanyak 9,40 juta ton.

Kenalkan Islam Indonesia yang Toleran kepada Dunia

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelenggarakan konferensi internasional pada 23 dan 24 April 2024 yang mempertemukan akademikus dan praktisi untuk memperkenalkan Islam Indonesia yang toleran.

“Penting memperkenalkan dan mengarusutamakan Islam Indonesia yang toleran, kaya praktik sosio-kultural, dan tentu saja kaya dengan pendekatan damai. Saatnya kita secara masif memperkenalkan Islam kita ke dunia internasional,” kata Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Mochamad Sodik dalam keterangan di Yogyakarta, Selasa (23/4/2024), seperti diberitakan Antara.

Advertisement

Konferensi internasional dengan tema Mainstreaming Indonesian Islam: Social Sciences and Humanities Perspectives ini bernama Biennial International Conference on Social Sciences and Humanities 2024 atau BICOSH 2024. Ini konferensi tahunan yang dimulai pada 2019. Tema BICOSH 2024 tersebut diharapkan menjadi landasan penting dalam eksplorasi integrasi Islam Indonesia ke dalam berbagai aspek masyarakat, terutama konteks masyarakat global.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Jumat (26/4/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif