News
Kamis, 4 April 2024 - 08:38 WIB

Solopos Hari Ini : Hati-hati Lewati Tol Fungsional

Tim Solopos  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Kamis (4/4/2024).

Solopos.com, KLATEN–Imbauan agar para pengguna jalan yang melintas di jalur fungsional ruas jalan tol Solo-Jogja untuk selalu waspada dan berhati-hati diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Kamis (4/4/2024). Pasalnya, kondisi jalan tetap belum sempurna saat digunakan dan ada sejumlah lokasi di mana pengguna jalan harus berpindah lajur.

Diberitakan Solopos hari ini, Kapolres Klaten, AKBP Warsono, saat ditemui di sela-sela simulasi penggunaan jalan tol fungsional, Rabu (3/4/2024), mengatakan secara umum untuk jalur sudah bisa dilalui. “Ada beberapa titik dari exit toll Karanganom sampai Ngawen ada dua titik zig-zag di STA-15 dan STA-18,” kata Warsono.

Advertisement

Yang dimaksud zig-zag adalah ada­nya perpindahan jalur yakni dari lajur kanan ke kiri serta sebaliknya menyesuaikan kondisi jalan yang sudah dicor dan siap dilintasi. Lantaran hal ini menjadikannya salah satu kerawanan, Polres Klaten bakal me­nempatkan petugas khusus di lokasi perpindahan jalur itu. ”Sudah kami plotting personel. Petugas itu menginformasikan ke pengendara agar memperlambat laju kendaraan karena posisi jalan zig-zag,” jelas Warsono.

Kapolres juga membenarkan akses keluar dari tol di Ngawen berupa turunan yang cukup curam. Polres juga akan menempatkan petugas di akses keluar dari jalan tol di Ngawen yang terhubung dengan ruas jalan provinsi yakni jalan raya Klaten-Jatinom. Selain petugas di lokasi rawan, Polres menerjunkan tim urai untuk mengecek kondisi jalur dan arus lalu lintas di dalam tol fungsional.

Advertisement

Kapolres juga membenarkan akses keluar dari tol di Ngawen berupa turunan yang cukup curam. Polres juga akan menempatkan petugas di akses keluar dari jalan tol di Ngawen yang terhubung dengan ruas jalan provinsi yakni jalan raya Klaten-Jatinom. Selain petugas di lokasi rawan, Polres menerjunkan tim urai untuk mengecek kondisi jalur dan arus lalu lintas di dalam tol fungsional.

Kapolres mengimbau para pengendara atau pun pemudik yang melintas di ruas tol fungsional memperhatikan rambu-rambu yang dipasang di sepanjang jalur. Dia menekankan agar pengendara mematuhi batas kecepatan maksimal yakni 40 km per jam. “Kami imbau agar pemudik menyiapkan fisik kendaraan harus dalam kondisi prima, kondisi pengemudi juga tetap dijaga. Patuhi rambu-rambu yang ada di tol fungsional serta patuhi spesifikasi kendaraan sesuai standardisasi,” jelas Kapolres.

Membawa Terang dengan Ajarkan Al-Qur’an

Jari jemari pasangan suami-istri Santo Setiawan dan Diana Puspitasari menelusuri Al-Qur’an dalam huruf Braille di ruang tamu rumah mereka di Jl. Merapi No. 71, Pulisen, Kecamatan/Kabupaten Boyolali, Rabu (3/4/2024). Mereka membaca kalam suci Allah itu seraya menyimak bacaan dari dua mu­rid yang duduk di hadapan mereka. Sesekali me­reka mengoreksi bacaan.

Advertisement

Diana menjelaskan kegiatan belajar membaca Al-Qur’an Braille digelar tiap Senin dan Rabu pukul 11.00 WIB – 12.00 WIB di Boyolali. Kegiatan tersebut ru­tin digelar tidak hanya saat Ramadan. Tidak hanya ber­gerak di Boyolali, perempuan 34 tahun tersebut ju­ga menggerakkan kegiatan serupa di Sukoharjo tiap Sabtu dan juga di Pati.

Menarik Pemudik ke Desa Wisata

YOGYAKARTA—Potensi desa atau kampung wisata harus dioptimalkan untuk menyambut libur Lebaran 2024. Berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) selama 2021 dan 2022, tingkat kunjungan wisatawan ke desa wisata telah meningkat 30% hingga 50%.

Mengutip laman Indonesiabaik.id, Selasa (2/4/2024), hasil dari kunjungan itu bisa menyumbang 30% hingga 70% dari pendapatan asli desa. Salah satunya adalah Desa Panglipuran di Bali yang mampu menyumbang pendapatan sebesar Rp15 miliar lebih hanya dalam waktu enam bulan. Pendapatan yang tinggi itu, salah satunya didukung kedatangan para turis mancanegara juga.

Advertisement

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) sejak Juni 2023, jumlah wisatawan asing yang datang ke Indonesia tembus 1 juta orang per bulan. Sementara itu. pakar yang juga peneliti dari Pusat Studi Pariwisata (Puspar) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Destha Titi Raharjana, menekankan optimalisasi potensi 25 kampung wisata di Yogyakarta menyambut momentum libur dan cuti Lebaran 2024.

Agri Pilih Berdamai dengan Keadaan

Saat ditemui seusai acara konferensi pers ganda putra Indonesia, Sabar Karyaman Gutama/Reza Pahlevi Isfahani, di Jakarta, Selasa (2/4/2024), atlet bulu tangkis Indonesia Agrippina Prima Rahmanto Putra tampak enggan mengorek luka lama yang telah jauh ia pendam.

Atlet yang juga putra dari pebulu tangkis legendaris Indonesia, Sigit Pamungkas, tersebut sudah berdamai dengan segala kondisi yang menimpa kariernya di dunia bulu tangkis profesional. Bahkan ia justru mempertanyakan kenapa isu mengenai hukuman yang diterimanya kembali beredar secara masif di semua media, padahal kejadian tersebut telah berlangsung tiga tahun silam dan dia telah mencoba melupakannya sejauh mungkin.

Advertisement

Seperti sedang menggali ingatan yang ingin ia kubur, Agri – sapaan akrabnya – menjelaskan kronologi mengenai namanya bisa tercatut dalam pusaran kasus pengaturan skor pada gelaran Vietnam Open 2017 tersebut. Agri mengatakan kala itu sempat menerima tawaran dari salah satu pihak untuk mengalah pada babak kedua Vietnam Open 2017.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Kamis (4/4/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif