News
Senin, 22 April 2024 - 08:02 WIB

Solopos Hari Ini : 7 Orang Daftar Pilkada Solo

Tim Solopos  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Senin (22/4/2024).

Solopos.com, SOLO–Informasi lengkap tentang Tim Penjaringan bakal cawali-cawawali DPC PDIP Solo telah menjaring tujuh orang yang ingin berkontestasi dalam Pilkada Kota Solo 2024 diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Senin (22/4/2024). Mereka terdiri tiga orang yang ingin maju sebagai cawali Solo, dan empat orang cawawali Solo.

Diberitakan Solopos hari ini, tiga cawali Solo tersebut yaitu Ginda Ferachtriawan, Rudi Indijarto Sugiharto, serta Muhammad Taufiq. Sedangkan empat bakal cawawali Solo yakni Wawanto, Widadi, B.R.M. Kusumo Putro, dan Muchus Budi Rahayu. Penjelasan itu disampaikan Ketua Tim Penjaringan Bakal cawali-cawawali DPC PDIP Solo, Paulus Haryoto, Sabtu (20/4/2024).

Advertisement

Paulus mengatakan PDIP masih memberikan kesempatan kepada masyarakat bila ingin mendaftarkan diri. Mereka bisa berasal dari internal maupun eksternal partai. Pendaftaran masih dibuka hingga 24 Mei 2024. Ada beberapa yang menyampaikan secara lisan via telepon untuk ikut berpartisipasi menyampaikan niat tulus mendaftar,” kata dia.

Paulus mencontohkan sosok Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, dan putri dari politikus PDIP, Aria Bima, yaitu R.A. Ignasia Sukma Putri Maha­rani. Paulus menyatakan siapa pun yang mendaftarkan diri akan diverifikasi dan dilaporkan kepada DPP PDIP.

Advertisement

Paulus mencontohkan sosok Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, dan putri dari politikus PDIP, Aria Bima, yaitu R.A. Ignasia Sukma Putri Maha­rani. Paulus menyatakan siapa pun yang mendaftarkan diri akan diverifikasi dan dilaporkan kepada DPP PDIP.

Dia mengakui sampai saat ini DPC PDIP Solo masih menunggu petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) verifikasi para bakal cawali-cawawali. “Tapi arahan-arahan ketua DPC kami akan verifikasi apa pun hasilnya, semua dibungkus, dibawa ke DPP,” terang dia.

Pilrek UNS Antisipasi Kisruh

SOLO—Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo 2024-2029 yang bakal berlangsung dipastikan berjalan sesuai ketentuan yang berlaku agar tidak terjadi kekisruhan seperti sebelumnya. Hal itu dilakukan melalui mitigasi aneka risiko.

Advertisement

“Proses pemilihan rektor ini memitigasi risiko-resiko seperti yang pernah terjadi sebelumnya, oleh karena itu panitia akan bekerja sekuat tenaga untuk melaksanakan aturan-aturan normatif di bawah MWA sepenuhnya,” kata Jamin dalam jumpa pers di Gedung Rektorat UNS Solo, Jumat (19/4/2024).

Perhiasan Lokal Makin Mendunia

JAKARTA—Brand lokal industri perhiasan asal Indonesia semakin mendunia. Nilai ekspor barang perhiasan dan barang berharga menembus US$547,5 juta atau senilai Rp8,6 triliun pada 2023 lalu.

Nilai itu meningkat 67,7% (yoy) dibandingkan capaian pada Desember 2022, sebesar US$5,15 triliun. Kreativitas dan inovasi perajin menjadi kunci industri perhiasan Indonesia. Beragam produk yang dihasilkan haruslah sesuai tren dan selera pasar yang berkembang di kancah global.

Advertisement

“Selama ini, kinerja ekspor industri perhiasan cukup signifikan sehingga menjadi salah satu kontributor penting terhadap penerimaan devisa negara. Oleh karena itu, Kementerian Perindustrian [Kemenperin] bertekad terus mendorong pengembangan industri perhiasan di dalam negeri agar semakin berdaya saing global,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Reni Yanita di Jakarta, Minggu (10/3/2024) dikutip dari laman Indonesia.go.id yang diakses Jumat (19/4/2024).

Bos Apple juga Bakal Bikin AI Center di Solo

JAKARTA—CEO Apple Tim Cook berencana menanamkan investasinya di Bali dan Solo untuk membangun proyek AI Center. Sebelumnya, PT Indosat Tbk. berkomitmen berinvestasi senilai US$200 juta dolar untuk membangun Indonesian AI Nation di Solo.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan terkait pertemuan antara bos Apple dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (18/4/2024) di Istana Merdeka. “Dia [Tim Cook] sangat tertarik dengan IKN, itu juga yang menarik. Dia bilang ‘Kami mau investasi terutama dalam bidang AI di IKN dan juga tertarik mengenai AI Center di Bali dan di Solo’,” kata Luhut dalam unggahan video di akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, Kamis (18/4/2024).

Advertisement

Tim Cook telah melihat Solo dan Bali dan menyimpulkan dua wilayah ini berpeluang untuk Apple melakukan investasi. Meskipun demikian, dia tidak menyebutkan berapa total investasi yang bakal dikucurkan Apple. “Ini karena melihat pertumbuhan ekonomi kita dan melihat demographic bonus serta melihat downstreaming industri yang kita miliki sekarang ini,” ujarnya.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Senin (22/4/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif