News
Minggu, 3 Maret 2024 - 20:08 WIB

Soal Usulan Hak Angket, Koalisi Anies Tunggu PDIP

Reyhan Fernanda Fajarihza  /  Chelin Indra Sushmita  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Paslon 01 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di Debat Cawapres pada 21 Januari 2024.

Solopos.com, SOLO — Koalisi Perubahan yang mengusung pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menunggu keputusan PDI Perjuangan (PDIP) terkait usulan penggunaan hak angket DPR untuk mengusut dugaan kecurangan Pemilu 2024.

Anies mengatakan diskusi antara PDIP dengan Koalisi Perubahan yang terdiri dari Partai Nasdem, PKS, dan PKB soal hak angket segera memasuki tahap final.

Advertisement

“Kita tunggu. Mudah-mudahan dalam hari-hari ke depan akan final,” katanya kepada wartawan di Kampung Akuarium, Jakarta Utara, Minggu (3/3/2024).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menegaskan, tiga partai dalam Koalisi Perubahan tetap bersikap solid untuk mendorong penggunaan hak angket.

Menurut Anies, upaya ini dilakukan seiring dengan proses rekapitulasi suara hasil pemilu yang terus digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Advertisement

Kendati demikian, dia enggan berspekulasi mengenai komposisi oposisi dalam pemerintahan berikutnya yang disebut hanya akan terdiri dari satu atau dua partai.

“Belum selesai penghitungannya. Partai koalisi solid mengusung hak angket, dari situ dulu. Nanti kita lihat ke depannya gimana,” pungkas Anies.

Sebelumnya, capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mendorong penggunaan hak angket DPR untuk mengusut dugaan kecurangan penyelenggaraan Pilpres 2024.

Advertisement

Ganjar ingin agar partai politik pengusungnya yaitu PDIP dan PPP untuk mengusulkan hak angket sebagai upaya menyelisik penyelenggaraan Pemilu 2024 yang disebutnya sarat dengan kecurangan yang terstruktur, sistematis, dan masif.

“Jika DPR tak siap dengan hak angket, saya mendorong penggunaan hak interpelasi DPR untuk mengkritisi kecurangan pada Pilpres 2024,” kata Ganjar, Senin (19/2/2024).

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Koalisi Anies Masih Tunggu Keputusan PDIP Cs soal Hak Angket”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif