News
Kamis, 5 November 2015 - 17:15 WIB

SMS MAMA MINTA PULSA : Bos Penipuan SMS Mama Minta Pulsa Ditangkap!

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi larangan bawa ponsel. (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

SMS Mama Minta Pulsa yang menghebohkan Indonesia dalam beberapa tahun terakhir mulai terungkap.

Solopos.com, JAKARTA — Penipuan berkedok pesan singkat atau SMS Mama Minta Pulsa terbongkar. Tersangka penipuan via SMS yang bernama Effendi dibekuk tim Unit II Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya di kampung halamannya Malili, Sulawesi Selatan.

Advertisement

“Benar, yang bersangkutan ditangkap Selasa (3/11/2015) siang,” kata Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Herry Heryawan, seperti dilansir Detik, Kamis (5/11/2015).

Tersangka penipuan SMS Mama Minta Pulsa bernama Effendi alias Lekkeng alias Kenz ditangkap atas laporan polisi bernomor LP/3991/IX/2015/PMJ/Ditreskrimum.

Advertisement

Tersangka penipuan SMS Mama Minta Pulsa bernama Effendi alias Lekkeng alias Kenz ditangkap atas laporan polisi bernomor LP/3991/IX/2015/PMJ/Ditreskrimum.

“Tersangka diduga kuat mengendalikan operasional penipuan via SMS Mama Minta Pulsa yang beberapa komplotannya sudah ditangkap sebelumnya,” jelas mantan Kasubdit Resmob Polda Metro Jaya ini.

Tersangka penipuan SMS Mama Minta Pulsa disergap tim saat mengemudikan mobil Toyota Avanza bernopol DD 8312 XY. Saat disergap, tersangka bersama istrinya berinisial Her dan anaknya.

Advertisement

Dalam aksinya, para pelaku menyebarkan SMS yang isinya seolah-olah si penerima SMS mendapatkan undian berhadiah dari salah satu bank. Korban yang tergiur dan terpancing untuk menghubungi nomor telepon yang dicantumkan pada SMS tersebut akan dipandu ke ATM yang ujungnya malah mentransfer uang ke rekening tersangka.

Bos penipuan SMS Mama Minta Pulsa, Effendi, hidup mentereng di kampung halamannya di Sulawesi. Pria yang dibekuk tim Unit II Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya itu memiliki rumah mewah yang luas lengkap dengan dua mobil dan empat motor.

Polisi menyebut Effendi alias Lekeng alias Kenz sebagai bos penipuan via SMS yang selama ini meresahkan warga. “Kehidupan tersangka cukup mewah dibanding dengan tetangganya, sementara pekerjaannya tidak jelas. Diduga hasil kejahatan,” Herry Heryawan.

Advertisement

Menurut Herry, tersangka dan keluarganya menempati rumah dengan luas tanah 600 meter persegi. “Rumah yang baru dibagun dengan luas tanah sekitar 600 meter persegi beserta isi isinya furnitur dan lain-lain sudah disita,” tuturnya.

Dikutip dari Bisnis.com, Kamis, Herry Heryawan mengungkapkan cara kerja pelaku penipuan SMS Mama Minta Pulsa saat melancarkan aksinya tersebut.

Menurut Herry, berdasar pemeriksaan, dalam sehari sindikat penipuan tersebut dapat mengirim SMS ke ribuan nomor telepon seluler para calon korbannya.

Advertisement

“Dalam sehari mereka mengirim SMS ke ribuan nomor setelah diedit. Ada suatu software yang bisa di download secara gratis. Mereka mengirim kepada 100.000 nomor korban, yang berhasil sekitar 10%. Lalu, dari 10.000 nomor kemungkinan yang berhasil sekitar 1% yaitu 1.000 nomor,” jelasnya.

Herry menambahkan, dari 1.000 nomor tersebut ada kemungkinan orang yang mentransfer pulsa karena situasi dan kondisi tertentu.”Saat itu ada kemungkinan orang yang transfer atau kemungkinan ada orang yang minta kirim pulsa tapi sedang pending. Situasi itulah yang dimanfaatkan pelaku,” ujar Herry.

“Pulsa itu untuk operasional mereka sendiri. Modusnya sama tetapi caranya lain. Misalnya satu port ini ada 10 sampai 15 modem, kalau pulsanya habis mereka dapat pulsa dari modus yang lain lagi,” paparnya sambil memperlihatkan port yang berisi modem untuk melancarkan aksi kejahatan pelaku.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif