News
Kamis, 5 Januari 2012 - 21:15 WIB

SMK di Solo Ditantang Bikin Bus Umum

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Djoko Setijowarno (JIBI/SOLOPOS/dok)

Djoko Setijowarno (JIBI/SOLOPOS/dok)

SOLO – Pakar transportasi dari Universitas Katolik Soegijapranata (Unika) Semarang, Djoko Setijowarno menyarankan agar SMK Solo juga mencoba membikin bus umum. Jika hal itu mampu dilakukan siswa-siswa SMK Solo, mereka tak hanya diacungi jempol karena prestasinya mengukir produk dalam negeri.
Advertisement

Mereka bakal mendapatkan respon luar biasa karena sudah memiliki cakrawala jauh ke depan dalam menciptakan transportasi massal pengurai kemacetan. “Ada baiknya, siswa SMK juga membidik transportasi massal, bukan hanya mobil pribadi,” kata Djoko kepada Espos, Kamis (5/1/2012).

Menurut Djoko, tantangan ke depan bangsa Indonesia ialah membikin transportasi massal. Sebab, jika pemakaian kendaraan pribadi tak kunjung dikendalikan, maka akan berdampak besar bagi penanganan seabrek persoalan transportasi. “Dengan membikin bus umum, maka akan membantu pemerintah dalam menyiapkan BRT-BRT (bus rapid trans-red) produk dalam negeri ke sejumlah kota di Indonesia,” jelasnya.

Yang tak kalah pentingnya, sambung Djoko, mulai April 2012 mendatang, pemerintah sudah menghentikan subsidi BBM bensin bagi pengendara mobil pribadi. Para pengendara mobil pribadi, katanya, diwajibkan memakai Pertamax yang harganya dua kali lipat dari bensin bersubsidi. “Nah, hal ini yang harus diperhatikan. Jadi, ini sebenarnya kesempatan bagi
siswa SMK untuk membidik bus umum,” jelasnya.

Advertisement

JIBI/SOLOPOS/Aries Susanto

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif