News
Kamis, 24 November 2022 - 22:37 WIB

Situs Presiden Jokowi Sempat Tak Bisa Diakses, Ini Kata Pemerintah

Newswire  /  Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Situs resmi Presiden Joko Widodo, presiden.go.id tak bisa diakses, Rabu (23/11/2022) malam. (presiden.go.id)

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah melalui Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Triadi Machmudin memberi jawaban terkait berita situs resmi Presiden Jokowi yang tidak bisa diakses karena belum membayar domain.

Bey Triadi menegaskan laman resmi untuk situs web Presiden Jokowi adalah presidenri.go.id dan bukan presiden.go.id sebagaimana disampaikan Lembaga Riset Siber Indonesia CISSReC.

Advertisement

“Kami sangat menyayangkan pemberitaan seperti ini yang tidak ada konfirmasi ke kami, padahal alamat resmi adalah presidenri.go.id,” kata Bey di Jakarta, Kamis (24/11/2022), seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Sementara Ketua Lembaga Riset Siber Indonesia CISSReC Dr. Pratama Persadha memastikan situs presidenri.go.id dan presiden.go.id milik pemerintah.

Advertisement

Sementara Ketua Lembaga Riset Siber Indonesia CISSReC Dr. Pratama Persadha memastikan situs presidenri.go.id dan presiden.go.id milik pemerintah.

Baca Juga: Sempat Tak Bayar Domain, Situs Resmi Presiden RI Bisa Kembali Diakses Publik

Karenanya, menurut dia, pengamanan dan pengelolaan kedua domain itu harus dengan baik.

Advertisement

Baca Juga: Situs Resmi Presiden Sempat Tak Bisa Diakses, Biaya Domain Hanya Rp87.100

Berdasarkan pantauan Solopos.com, situs milik pemerintah, presiden.go.id akhirnya bisa dibuka kembali setelah tidak bisa diakses, Rabu (23/11/2022) malam, akibat belum membayar biaya domain.

Saat Solopos.com membuka situs tersebut, Kamis (24/11/2022) pukul 17.00 WIB, di layar terlihat tampilan berbagai berita.

Advertisement

Baca Juga: Situs Resmi Presiden Tak Bisa Diakses karena Belum Bayar Biaya Domain

Mayoritas dari berita-berita tersebut adalah aktivitas Presiden Joko Widodo di lokasi bencana akibat gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat.

Hari ini Jokowi memang kembali mengunjungi wilayah bencana untuk memantau proses evakuasi korban dan pemberian bantuan logistik.

Advertisement

Saat dicek Solopos.com, tampilan situs presiden.go.id itu sama persis dengan situs presidenri.go.id.

Baca Juga: Bjorka Muncul Lagi, Klaim Jual Data Pertamina Senilai Rp392 Juta

Namun saat kembali dilihat pada Kamis malam pukul 22.22 WIB, situs presiden.go.id tidak bisa diakses dan hanya bertuliskan “This site can’t be reached” (situs ini tidak bisa dijangkau).

Sementara itu situs presidenri.go.id masih bisa diakses seperti semula.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif