News
Senin, 9 Oktober 2023 - 16:22 WIB

Siswa SDN Mojosongo 03 Solo Peroleh Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut

Maymunah Nasution  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Siswa mempraktikan cara menggosok gigi saat pelajaran olahraga di SD N Mojosongo 03, Solo, Senin (9/10/2023). (Solopos.com/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO–SD Negeri Mojosongo 03 Solo mendapatkan bantuan paket gosok gigi untuk 338 siswa dari Puskesmas Sibela Solo pada pekan pertama Oktober 2023.

“Selanjutnya kami mendistribusikan sebagian besarnya pada jam praktik olahraga masing-masing kelas. Sewaktu olahraga itu anak-anak diajari cara menggosok gigi yang benar agar bisa diterapkan di rumah setiap harinya,” ujar Kepala SDN Mojosongo 03 Solo, Y. Suparna, saat diwawancara wartawan di ruangannya, Senin (9/10/2023).

Advertisement

Suparna melanjutkan acara tersebut dilakukan sebagai upaya memberikan edukasi terkait kesehatan gigi dan mulut bagi siswa SDN Mojosongo 03 Solo.

Guru Olahraga SDN Mojosongo 03 Solo, Zanuar Wibisono, mengatakan paket gosok gigi yang diberikan ke seluruh siswa disesuaikan dengan usia dan kebutuhan siswa.

“Untuk kelas 1 sampai 3 mendapatkan paket dengan pasta gigi merek Kodomo, sementara kelas 4 sampai 6 mendapatkan pasta gigi merek Ciptadent. Itu menyesuaikan kebutuhan usia mereka juga,” ujar Zanuar saat diwawancara wartawan, Senin.

Advertisement

Pada kesempatan itu, Zanuar kemudian mengajak 27 siswa kelas 4 SDN Mojosongo 03 Solo untuk mempraktikkan cara menggosok gigi dan mencuci tangan dengan benar. Bantuan paket gosok gigi kemudian dibawa pulang siswa SDN Mojosongo 03 Solo.

Menurut Zanuar, anak-anak harus diajarkan peduli dengan kesehatan gigi dan mulut sedini mungkin. Hal ini dapat diajarkan dengan mengajarkan praktik menggosok gigi dan mencuci tangan dengan benar.

Dia juga mengatakan memperbaiki cara anak menyikat gigi yang benar dapat mencegah timbulnya karies dan gigi keropos akibat endapan sisa makanan dalam mulut.

Advertisement

Cara sikat gigi yang salah dan tidak mengenai semua permukaan gigi pada anak dapat menyebabkan gigi anak berlubang, sementara makanan yang mengandung gula dan lengket dapat bertahan di dalam gigi dan mulut, menyebabkan karies gigi jika tidak dibersihkan secara menyeluruh dan benar.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif