News
Rabu, 10 Januari 2024 - 09:13 WIB

Simak Jadwal Kapan Pendaftaran CPNS 2024 Dibuka Menurut Penjelasan Menpan RB

Newswire  /  Nugroho Meidinata  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi PNS. (Istimewa-Pemkot Madiun)

Solopos.com, SOLO — Setelah diumumkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), banyak yang penasaran mengenai jadwal kapan pendaftaran seleksi CPNS 2024 dibuka.

Jokowi menyebut pada tahun ini, pemerintah membuka 2,3 juta lowongan aparatur sipil negara (ASN). Dia menjelaskan pemerintah memberikan kesempatan bagi para lulusan baru dengan membuka lowongan calon pegawai sipil negara (CPNS) 2024 sebanyak 690.000 orang, masing-masing di instansi pusat 207.000 dan di instansi daerah 483.000.

Advertisement

Selain itu, lanjut dia, pemerintah akan menyelesaikan penataan tenaga non-ASN dengan membuka perekrutan sebanyak 1,6 juta lowongan yang belum diangkat sebagai pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). “Formasi-formasi tersebut akan dialokasikan untuk guru, dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan,” kata Presiden melalui laman resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Jumat (5/1/ 2024).

Lalu, kapan jadwal pendaftaran CPNS 2024 mulai dibuka?

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan seleksi CPNS 2024 ini fokus untuk menciptakan SDM yang adaptaif terhadap teknologi demi kemajuan Indonesia.

Advertisement

Sehingga tahun ini juga disiapkan rekrutmen talenta digital untuk memastikan transformasi pelayanan publik berbasis digital yang sedang dikerjakan pemerintah bisa berjalan dengan baik, dalam kerangka Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Anas memastikan sistem rekrutmen ASN juga terus diperbaiki untuk memastikan birokrasi diisi oleh talenta yang unggul. Rekrutmen ASN dilakukan dengan menggunakan computer assisted test (CAT) secara nasional dengan memanfaatkan teknologi digital, sehingga menjadi lebih transparan dan akuntabel.

“Jadi talenta-talenta unggul nanti ini untuk di IKN sebagaimana arahan Bapak Presiden. Kemudian yang berikutnya adalah mengurangi sedapat mungkin rekrutmen jabatan yang akan berdampak pada transformasi digital,” ujar dia, dilansir Antara.

Advertisement

Terkait kapan jadwal pendaftaran CPNS 2024 mulai dibuka, Anas menyebut kemungkinan besar tidak diadakan pada Januari 2024, melainkan mulai diproses pada Maret atau April 2024.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif