News
Kamis, 19 Juli 2012 - 20:17 WIB

SILK AIR Segera Layani Bandara A Yani Semarang

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat Silk Air (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

SEMARANG – SilkAir, anak perusahaan Singapore Airlines, segera memasuki Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang membidik besarnya potensi penerbangan rute Semarang-Sigapura yang belum tergarap.
Advertisement

Asisten Manager Operasi PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang, Purna Irawan mengatakan, ketertarikan SilkAir untuk menerbangi Singapura-Semarang, sudah diutarakan sejak lama, namun kabarnya rencananya tahun ini segera direalisasikan. “Rencananya mereka tahun ini maskapai penerbangan yang berbasis di Singapura itu ingin masuk ke Ahmad Yani Semarang, dengan pertimbangan potensi market Semarang-Singapura cukup potensial bagi mereka,” ujarnya kepada Bisnis.com.

Menurutya SilkAir saat ini sedang memantapkan rencananya pembukaan rute tersebut dengan sangat matang, karena maskapai penerbangan ini terkenal sangat kritis dalam memutuskan untuk membuka sebuah rute-rute penerbangan baru yang akan digarap. “Maskapai ini tidak mungkin hanya melakukan coba-coba saja apabila ingin membuka sebuah rute baru, termasuk Singapura-Semarang, sehingga masih memerlukan waktu untuk merealisasikannya, salah satunya juga faktor kondisi kesiapan apron bandara Ahmad Yani sendiri yang saat ini sedang tahap pengembangan,” ujarnya. Namun demikian, lanjutnya, diharapkan pembukaan rute Singapura-Semarang tersebut dapat direalisasikan tahun ini. “Mereka rencananya akan menerbangi setiap hari sekali dalam seminggu,” tuturnya.

Manajer Operasi PT Angkasa Pura I Banda Udara Internasional Ahmad Yani Semarang, Suharyoko mengatakan pada dasarnya mempersilahkan setiap operator mengajukan permintaan pembukaan rute penerbangan baru, namun harus diakui kondisi apron Ahmad Yani selama ini cukup memprihatinkan.

Advertisement

Menurutnya, apron yang di Bandara Ahmad Yani Semarang saat ini memang sudah penuh, yakni apron hanya bisa diisi lima pesawat, kecuali pada jam-jam tertentu “Kapasitas apron Ahmad Yani sekarang sedang di tingkatkan, di mana kondisi saat ini hanya berkapasitas enam pesawat, sisanya dibiarkan kosong yang berfungsi untuk berjaga-jaga apabila terjadi sesuatu dalam keadaan darurat,” tuturnya.

Meskipun saat ini Bandara Ahmad Yani sedang dalam pengembangan, namun SilkAir tetap dapat membuka rute pada jam-jam di luar golden time, seperti pukul 08.00 WIB – 10.00 WIB dan 13.00 WIB – 16.00 WIB, Bandara Ahmad Yani Semarang masih terdapat slot yang bisa dimanfaatkan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif