News
Selasa, 7 Maret 2023 - 12:31 WIB

Sidang Isbat Penentuan 1 Ramadan Tahun Ini Digelar 22 Maret

Rudi Hartono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ramadan, (freepik)

Solopos.com, SOLO–Kementerian Agama (Kemenag) direncanakan menggelar sidang isbat penentuan 1 Ramadan 1444 H/2023 H di Gedung Kemenag, Jakarta Pusat, pada Rabu (22/3/2023) mendatang.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Selasa (7/2/2023), hal itu seperti diungkapkan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Islam, Kamaruddin Amin, belum lama ini.

Advertisement

Sejumlah pihak bakal diundang dalam isbat penentuan 1 Ramadan tahun ini tersebut seperti perwakilan organisasi masyarakat (ormas) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Seperti diketahui, Kemenag menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Ramadan setiap menjelang Ramadan. Hasil sidang tersebut menjadi pedoman masyarakat muslim di Tanah Air dalam mengawali Puasa Ramadan.

Sementara itu, Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sudah terlebih dahulu menetapkan 1 Ramadan atau dimulainya Puasa Ramadan 1444 H/2023 M jatuh pada Kamis, 23 Maret, sedangkan 1 Syawal atau Idul Fitri/Lebaran pada Jumat, 21 April 2023. Keputusan itu dituangkan dalam surat edaran (SE) yang ditetapkan di Yogyakarta, 23 Desember 2022.

Advertisement

Dikutip Solopos.com dari media resmi PP Muhammadiyah, suaramuhammadiyah.id, SE itu menyebut penentuan awal Ramadan dan Syawal berdasar hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Kita tunggu bersama hasil sidang isbat penentuan 1 Ramadan tahun ini.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif