News
Senin, 18 Desember 2023 - 10:52 WIB

Siap Jadi Gubernur Jateng, Ini Harta Kekayaan dari Perusahaan Kaesang

Hesti Puji Lestari  /  Mariyana Ricky P.D  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep, saat memberikan sambutan untuk warga Selo di Joglo Mandala, Selo, Boyolali, Sabtu (16/12/2023). (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, JAKARTA — Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangerap viral setelah pernyataannya yang “siap” jadi Gubernur Jateng viral. Kini, harta kekayaan Ketum PSI tersebut disorot. Hal itu ia sampaikan saat panitia acara ‘Car Free Day Bersama Relawan Plat K untuk Generasi Optimis’ bertanya apakah Kaesang bersedia menjadi gubernur Jawa Tengah pada Minggu, 17 Desember 2023 di Jepara.

Pada event tersebut, panitia bertanya apakah Kaesang siap jika diminta menjadi Gubernur Jawa Tengah menggantikan Ganjar Pranowo yang sudah purnatugas.

Advertisement

Dengan santai, putra bungsu Joko Widodo tersebut mengatakan “Yo, mboten nopo-nopo (Ya, tidak apa-apa).” Mengacu pada komentar Kaesang itu, adik Gibran Rakabuming Raka tersebut kembali mendapat sorotan, salah satunya soal harta kekayaan.

Dilansir Bisnis.com, tidak diketahui berapa banyak harta kekayaan Kaesang saat ini. Karena Kaesang bukan pejabat, maka harta kekayaannya tak bisa dilihat di LHKPN seperti Gibran.

Meski demikian, pendiri usaha Sang Pisang ini diyakini memiliki harta lebih dari Rp100 miliar. Dugaan ini berasal dari pembelian 8 persen saham PT Panca Mitra Multiperdana dengan nilai transaksi Rp92,2 miliar pada 2021.

Advertisement

Jumlah ini belum ditambah dengan kepemilikan saham di klub sepak bola Persis Solo. Diketahui, Kaesang mengantongi 40 persen saham klub berjulik Laskar Sambernyawa tersebut.

Berdasarkan situs Transfermakt, nilai pasaran klub yang baru saja merekrut Sho Yamamoto itu diperkirakan mencapai Rp76,04 miliar.

Kaesang juga memiliki beberapa perusahaan yang beberapa di antaranya masih eksis, yakni antara lain Sang Pisang, Mangkok Ku, Chili Pari, Markobar, Goola, Saham Rakyat, dan ternak lele.

Advertisement

Tak berhenti sampai di situ, Kaesang juga tercatat sebagai Komisaris di RANS Entertainment, perusahaan hiburan yang didirikan artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Siap” Jadi Gubernur Jateng, Harta Kekayaan Kaesang Tembus Rp100 Miliar?”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif