News
Rabu, 11 Januari 2023 - 15:58 WIB

Setelah Maluku, Giliran Gempa Berkekuatan 5,1 Magnitudo Mengguncang Papua

Edi Suwiknyo  /  Rudi Hartono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Gempa Bumi (Solopos)

Solopos.com, JAKARTAGempa bumi mengguncang sejumlah wilayah di Indonesia pada beberapa hari terakhir. Setelah gempa terjadi di Maluku, Selasa (10/1/2023), gempa kembali terjadi di Waropen, Papua, Rabu (11/1/2023) pukul 14.59 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa di Waropen Papua berkekuatan 5,1 Magnitudo. Pusat gempa bumi terletak pada koordinat 2,64 Lintang Selatan, 137,02 Bujur Timur, tepatnya berlokasi di daratan dengan kedalaman 60 km. Wilayah timur.

Advertisement

Indonesia belakangan ini memang sering diguncang gempa. Salah satu yang terbesar adalah gempa Magnitudo 7,9 di wilayah Maluku Tenggara Barat yang terjadi pada Selasa pukul 00.47 WIB dengan titik gempa berlokasi di 7,25 lintang selatan dan 130.18 Bujur Timur.

Setelah Maluku Digunjang Gempa M 7,5, BMKG sempat mengeluarkan peringatan dini tsunami tetapi akhirnya peringatan itu diakhiri. Gempa tersebut mengakibatkan puluhan unit rumah rusak parah. Gempa berkedalaman 131 km. Titik gempa terjadi pada 150 km arah Barat Laut Maluku Tenggara Barat.

Gempa tektonik itu terasa di wilayah Pantai Utara Maluku Barat Daya, Maluku dengan Magnitudo M7,5. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,37° LS ; 130,23° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 136 km arah Barat Laut Maluku Tenggara Barat, Maluku pada kedalaman 130 km dan berpotensi tsunami.

Advertisement

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi Laut Banda. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Selain Maluku, gempa juga mengguncang dua wilayah lainnya pada Selasa, yakni di Banten dan Wonosobo. Gempa di Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah terjadi pukul 03.52 WIB yang berkekuatan Magnitudo 2,5. Pusat gempa di darat 21 km Barat Laut Wonosobo dengan kedalaman 10 km. Gempa dirasakan (MMI) II di wilayah Banjarnegara.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Papua Kembali Diguncang Gempa!

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif