News
Kamis, 10 Agustus 2023 - 11:02 WIB

Seribuan Buruh Gelar Demo Hari Ini 10 Agustus, Berikut Tuntutannya

Erta Darwati  /  Mariyana Ricky P.D  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Aksi unjuk rasa atau demo kalangan buruh yang tergabung dalam KSPI Jateng di depan Kantor DPRD Jateng, Kota Semarang, Rabu (21/9/2022). (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, JAKARTA — Aliansi Gerakan Buruh Bersama Rakyat (GEBRAK) akan menggelar aksi unjuk rasa atau demonstrasi di Jakarta pada Kamis (10/8/2023).  

Aksi unjuk rasa dilakukan tergabung dari organisasi serikat buruh, petani, mahasiswa dan organisasi masyarakat sipil lainya. 

Advertisement

Unjuk rasa tersebut akan menuntut pembatalan dan pencabutan Omnibus Law Undang-Undang Nomor 6 tahun 2023 tentang Cipta Kerja.  

Dilansir Bisnis.com, GEBRAK mengklaim UU Cipta Kerja berdampak buruk bagi rakyat, kaum buruh, tani, masyarakat adat, mahasiswa, dan masyarakat kecil lainya. 

Unjuk rasa akan dimulai dengan titik kumpul di Gedung ILO, Jalan MH Thamrin Jakarta, selanjutnya massa akan bergerak ke Gedung Mahkamah Konstitusi dan Istana Negara, Jakarta, pada pukul 11.00 WIB.  

Advertisement

Selain menuntut dicabutnya Omnibus Law Cipta Kerja, gerakan buruh hari ini juga menuntut untuk dicabutnya seluruh kebijakan dan peraturan perundang-undangan yang bertentangan dengan konstitusi (UU Minerba, KUHP, UU Cipta Kerja beserta peraturan pelaksananya, UU IKN, UU Pertanian, RUU Sisdiknas dan Revisi UU ITE).  

Tuntutan lainnya yaitu mencabut Permenaker Nomor 5 Tahun 2023 tentang penyesuaian waktu kerja dan pengupahan pada perusahaan industri padat karya tertentu berorientasi ekspor yang terdampak perubahan ekonomi global.  

Lebih lanjut, gerakan buruh hari ini juga menolak bank tanah, menuntut dihentikannya liberalisasi agraria dan perampasan tanah. 

Advertisement

Selain itu, menuntut dan menolak pembungkaman ruang demokrasi di lingkungan akademik.  Kemudian, menuntut menghentikan represifitas dan kriminalisasi terhadap gerakan rakyat di semua sektor masyarakat.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Demo Buruh 10 Agustus, Berikut Tuntutannya”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif