News
Rabu, 9 Maret 2016 - 12:45 WIB

SERBA LIMA : Lima Orang Tertua Sedunia Ini Ternyata Punya Kesamaan

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto Jeanne Calment (Myfirstclasslife.com)

Serba lima kali ini menghadirkan lima orang dengan usia terpanjang di dunia.

Solopos.com, SOLO – Ulasan di laman My First Class Life menyebut lima orang tokoh yang berusia seratus tahun ternyata berjenis kelamin wanita. Meski tak menyertakan ulasan ilmiah, artikel di laman ini terbilang cukup menarik.

Advertisement

Dihimpun Solopos.com dari laman pada Selasa (8/3/2016) berikut ini adalah lima orang dengan usia terpanjang di dunia;

Jeanne Calment (122 tahun)

Jeanne Calment merupakan warga Arles, Prancis. Wanita ini berusia 122 tahun lebih 165 hari dan berpredikat sebagai seseorang dengan usia terpanjang di dunia.

Advertisement

Calment lahir pada 21 Februari 1875 dan menghabiskan hidupnya di Arles, Prancis. Saat Calment berusia 21 tahun, pada 1896, ia menikah dengan saudara jauhnya, Fernand Calment. Fernand Calment saat itu merupakan seorang yang kaya raya. Hal ini menungkinkan bagi istrinya untuk hidup dalam kemewahan.

Foto Jeanne Calment (Myfirstclasslife.com)

Pada 1942, Fernand meninggal dunia karena keracunan dalam usianya ke 73. Di waktu yang sama, Ny. Calment telah ditinggalkan oleh putri tunggalnya. Sementara itu, pada 1963, cucunya juga meninggal dunia.

Semenjak itu, Calment hidup sebatang kara. Ia hidup sendiri hingga usia 110 tahun. Pada usianya ke 114, Calment pun muncul dalam sebuah film. Ia dijuluki sebagai orang tertua yang muncul dalam film. Pada 4 Agustus 1997 nenek ini pun meninggal dunia karena sakit tua.

Advertisement

Sarah Knauss (119 tahun)

Sarah Knauss mengambil alih rekor yang dipegang oleh Lucy Hannah sebagai orang dengan usia paling panjang di Amreika Serikat. Sarah lahir di Pennsylvania pada 24 September 1880. Wanita ini menikah dengan politikus Abraham Lincoln Strauss pada 1901. Mereka memiliki seorang anak. Strauss meninggal pada 1965 dalam usia 87 tahun.

Foto Sarah Knauss (Myfirstclasslife.com)

Sarah menghabiskan waktunya sebagai ibu rumah tangga dan manajer di sebuah kantor asuransi. Sarah menjalani kehidupan selama masa pemerintahan 23 presiden dan meninggal dunia pada 30 Desember 1999.

Advertisement

Sarah mampu bertahan hidup hingga usia lebih dari seratus tahun karena ia tidak pernah membiarkan sesuatu mengecewakan dirinya.

Lucy Hannah (117 tahun)

Lucy Hannah merupakan warga asli Alabama, Amerika Serikat. Wanita ini berusia 117 tahun lebih 248 hari. Lucy lahir pada 16 Juli 1875 dan meninggal dunia pada 21 Maret 1993. Wanita ini pernah menuai kontroversi karena mengklaim dirinya lahir pada 1874.

Foto Lucy Hannah (Myfirstclasslife.com)

Advertisement

Suatu saat, Lucy memutuskan pindah ke Detroit, Michigan untuk menghindari perselisihan tentang ras. Setelah kepindahannya tersebut, ia bertemu dengan John Hannah. Mereka memiliki delapan buah hati.

Marie-Louise Meilleur (117 tahun)

Marie-Louise Meilleur merupakan warga Kanada dengan usia terpanjang. Wanita ini lahir 29 Agustus 1880.

Pada tahun 1915, Marie memutuskan pindah ke Ontario bersama kedua anak dari pernikahan pertamanya. Beberapa saat kemudian, ia menikah dengan Hector Meilleur. Wanita ini hidup  dengan dua suami dan enam dari sepuluh anaknya.

Foto Marie Louise Meilleur (myfirstclasslife.com)

Dalam usia senja-nya, Marie memiliki perilaku unik yang berbeda dari kebanyakan orang. Ia masih merokok dalam usianya ke-90. Wanita ini kemudian meninggal dunia pada 16 April 1998 karena pembekuan darah yang ia derita. Ia meninggalkan empat anak serta lebih dari 200 cucu dan cicit.

Advertisement

Misao Okawa (117 tahun)

Misao Okawa merupakan wanita asal Jepang. Nenek ini lahir pada 5 Maret 1898. Ia menikah pada 1919 dan memiliki tiga orang anak.

Pada 1931, suami Misao Okawa meninggal dunia dalam usia 36 tahun. Menjadi janda dan orang tua tunggal, Misao ternyata tidak hanya ditinggalkan oleh suaminya terlebih dahulu. Ia juga kehilangan seorang anaknya terlebih dulu.

Foto Misao Okawa (Myfirstclasslife.com)

Di usianya ke 110, Misao masih dapat berjalan dengan baik. Ia menggunakan kursi roda hanya untuk menghindarui kecelakaan.

Dalam usia 115 tahun, ia pun dicatat sebagai wanita dengan usia terpanjang oleh Guinness World Records. Pada 1 April 2015, Misao meninggal dunia karena penyakit jantung yang dideritanya. Ia meninggalkan dua orang anak, empat cucu dan enam orang cicit.

(Dhika Intan N.A./JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif