News
Sabtu, 6 Februari 2010 - 20:03 WIB

Seoul jadi tuan rumah KTT G-20

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Seoul– Korea Selatan mengumumkan, bahwa pihaknya akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) pemimpin 20 negara ekonomi besar dunia di Seoul, pada 11-12 November depan, beberapa saat menjelang forum Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di Jepang.

Rencana putaran ke lima KTT G-20 itu ditetapkan bersamaan dengan jadwal kunjungan para pemimpin ke wilayah tersebut, yakni menghadiri KTT APEC dua hari yang mulai dibuka pada 13 November, menurut Komite Kepresidenan untuk KTT G-20.

Advertisement

Komite tersebut mengatakan, pihaknya telah memberitahu negara-negara anggota G-20 mengenai rencana itu melalui saluran-saluran diplomat.

“Seluruh rakyat Korea Selatan harus bergandeng tangan untuk menggunakan (rencana) sebagai tuan rumah KTT G-20 itu untuk meningkatkan status nasional, dan meninggikan masyarakat kita  satu derajat,” kata Sakong Il, ketua komite di dalam satu siaran pers.

Sohn Jie-ae, wanita juru bicara pada komite itu, mengatakan dalam penjelasan pers kemudian, bahwa pengumuman tanggal pertemuan pada November menandai ‘dimulainya perlayaran total ke arah KTT G-20 mendatang.’

Advertisement

G-20 diluncurkan pada 2008 untuk menghadapi krisis keuangan global, menjadi forum utama untuk merundingkan kerja sama kebijakan ekonomi internasional.

Upacara sidang pengukuhan diselenggarakan di Washington pada November  tahun itu, kemudian disusul oleh KTT di London pada April dan di Pittsburgh pada September 2009.

Putaran keempat dijadwalkan akan diadakan di kota Kanada, Toronto, 26-27 Juni.

Advertisement

Dalam kegiatan resmi pertamanya sebagai ketua pertemuan G-20 tahun ini, Korea Selatan juga berencana akan menjadi tuan rumah pertemuan para wakil menteri keuangan di Songdo International City, di barat Seoul, 27-28 Februari depan.

ant/isw

Advertisement
Kata Kunci : Seoul Tuan Rumah KTT G-20
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif