News
Rabu, 14 Februari 2024 - 10:44 WIB

Selesai Nyoblos, Cak Imin: Kawal Terus Suara yang Datang

Nugroho Meidinata  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Cawapres Muhaimin Iskandar di Gedung Graha Sejahtera, di Grogol, Sukoharjo, pada Senin (5/2/2024). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, SOLO – Cawapres nomor urut 01 Muhaimin Iskandar (Cak Imin) meminta kepada para kader dan masyarakat untuk mengawal suara yang masuk dalam Pemilu dan Pilpres 2024 yang berlangsung hari ini Rabu (14/2/2024). Hal tersebut disampaikan setelah Cak Imin mencoblos di TPS 032 yang berada di Kemang, Jakarta Selatan.

Cak Imin meminta masyarakat ikut mengawasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) agar suara yang masuk tidak dimanipulasi oleh kecurangan.

Advertisement

“Saya harap semua kader mengawasi, semua masyarakat mengawasi TPS. Jangan sampai dimanipulasi, manipulasi ada dua. Pertama, jumlah DPT 100%, yang datang enggak 100%. Jangan sampai suara yang enggak datang dimanipulasi untuk suara tertentu,” ujar Cak Imin dalam siaran langsung KompasTV, Rabu.

Selain soal DPT yang tidak hadir, menurut Cak Imin manipulasi juga terjadi saat rekap suara yang masuk. Maka dari itu, dua hal tersebut harus benar-benar diawasi setelah pencoblosan berlangsung hingga pukul 13.00 nanti.

“Kawal betul suara yang datang dan digunakan. Suara di rekap itu bisa dimanipulasi. Dua itu harus diawasi total. Jam 13.00 perhitungan, gantian shift di tps masing-masing supaya tidak ada kecurangan,” seru Cak Imin.

Advertisement

Sebelumnya, Cak Imin dan istri, mertua, serta tiga anaknya melakukan pemungutan suara di TPS dengan berjalan kaki pada Rabu pagi. Di tengah rintik hujan, Cak Imin berjalan kaki dengan iringan selawat.

Setelah mencoblos, Cak Imin dijadwalkan akan ikut pemantauan seluruh kegiatan saksi dalam perhitungan suara dengan Tim Pemenangan Nasional Anies-Muhaimin (Timnas Amin) bersama calon presiden pada sore harinya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif