News
Senin, 8 Juni 2015 - 11:55 WIB

SELEKSI PIMPINAN KPK : Pansel KPK Sambangi Mabes Polri, Ada Apa?

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Aksi mengingatkan agar tak salah pilih pimpinan KPK di CFD Kota Solo, Minggu (24/5/2015). (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Seleksi pimpinan KPK dilaksanakan secara bertahap oleh pansel bentukan Presiden.

Solopos.com, JAKARTA – Enam anggota panitia seleksi (pansel) calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pagi tadi mendatangi Mabes Polri menemui pimpinan Polri guna membahas perihal kerja sama penelusuran rekam jejak para capim KPK.

Advertisement

Saat ditemui seusai pertemuan tersebut, ketua tim pansel KPK Destri Damayanti mengungkapkan pertemuan ini sebagai rangkaian untuk memperkaya masukan dari penegak hukum dan masyarakat.

“Kita minta bantuan dari Polri untuk melacak rekam jejak. Tadi Polri setuju untuk penelusuran jejak calon itu penting sekali,” katanya di Mabes Polri, Jakarta, Senin (8/6/2015).

Menurut Destri, peneluruan rekam jejak tersebut sangat diperlukan agar di kemudian hari pimpinan KPK tidak memiliki masalah di masa lalu yang dikhawatirkan akan mengganggu kinerja lembaga antirasuah tersebut.

Advertisement

Polri, kata Destri, sangat merespons positif tawaran dari pansel KPK itu.

“Minta bantuan dari Polri mengenai rekam jejak agar tidak terjadi kasus, Polri sangat setuju,” kata dia.

Destri menambahkan ke depannya koordinasi KPK dengan Polri harus lebih baik untuk menghindari kekisruhan yang terjadi seperti pada sebelumnya. “Harus ada kerja sama dengan lembaga penegak hukum. Polri bersedia bekerja sama,” kata dia.

Advertisement

Di tempat sama, anggota pansel KPK yang lain Yenti Ganarsih mengatakan dalam pertemuan itu pihaknya bertemu dengan Kapolri Jenderal Pol. Badrodin Haiti dan sejumlah pimpinan Polri lainnya termasuk Wakapolri Komjen Budi Gunawan.

“Semuanya ada. Mereka mendukung kinerja pansel dan mendukung pemberantasan korupsi,” kata dia.

Pertemuan tim pansel KPK dengan Polri tersebut berlangsung sejak pukul 09.00 WIB di Gedung Rupatama Mabes Polri. Rencananya, tim pansel juga berkoordinasi dengan Badan Intelijen Negara, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan, dan Kejaksaan Agung terkait kerja sama dalam penelusuran rekam jejak para capim KPK.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif