News
Minggu, 7 September 2014 - 02:30 WIB

Sektor Properti DIY Sumbang Pajak 12%

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, JOGJA- Sektor properti di DIY selama ini berkontribusi menyumbang 12% penerimaan pajak. Sektor unggulan penerimaan pajak DIY lainnya, yaitu perdagangan, pemerintahan dan industri pengolahan.

Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) DIY terus menguatkan sektor-sektor unggulan penerimaan pajak dengan beragam cara.

Advertisement

Kepala Kanwil DJP DIY, Rudy Gunawan Bastari mengatakan, pihaknya terus menggenjot penerimaan pajak untuk wilayah DIY.

Hingga kini, jumlah penerimaan pajak baru tercapai 48% atau Rp1,6 triliun dari total target penerimaan selama 2014 sebesar Rp 3,35 triliun.

“Sisa waktu kurang lebih empat bulan. Kami akan terus melakukan ekstensifikasi dan intensifikasi. Salah satunya melalui sektor-sektor andalan penerimaan pajak seperti properti, perdagangan, industri pengolahan dan pemerintahan,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (5/9/2014).

Advertisement

Sebelumnya, Kanwil DJP DIY memangkas penerimaan pajak 2014 sesuai APBN Perubahan dari Rp 3,6 triliun menjadi Rp 3,35 triliun. Dengan revisi tersebut, diharapkan target mampu terealisasi optimal.

Salah satu upaya yang dilakukan, lanjut Rudy, dengan melaksanakan program-program peningkatan pembayaran pajak oleh Wajib Pajak (WP) baik orang pribadi (OP) maupun badan.

“Salah satunya properti di DIY yang memang merupakan sektor andalan Kanwil DJP DIY sebesar 12 persen,” tandas Rudy

Advertisement

Pihaknya bahkan telah mengadakan pertemuan dengan DPD Real Estat Indonesia (REI) DIY. Menurutnya, DPD REI DIY akan kooperatif untuk mewujudkan itu.

“Kami bersama DPD REI DIY akan saling bertukar Informasi. Dengan sistem keterbukaan dan kebersamaan ini, kami berharap keduabelah pihak mau bersama-sama berharap agar sektor properti terus tumbuh,” tuturnya.

Advertisement
Kata Kunci : Penerimaan Pajak Diy
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif