News
Sabtu, 14 Januari 2012 - 10:06 WIB

Sekelompok massa bakar Masjid di Nigeria

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

ilustri sumber: google image

Advertisement

KANO– Sekelompok massa secara membabi buta membakar rumah-rumah dan masjid di sebuah desa di sebelah timur laut Nigeria, yang penghuninya mayoritas muslim. Insiden ini menewaskan 2 orang dan menghanguskan sejumlah masjid.

“Kejadiannya sekitar pukul 11.30 waktu setempat ketika sekelompok massa dari Imbur menyerang desa Gwalam, kemudian membakari rumah dan masjid di sana,” terang salah seorang warga setempat, Abubakar Hussaini, seperti dilansir oleh AFP, Jumat (13/1/2012).

“Sampai saat ini, sudah ada dua orang tewas, dan belum diketahui keberadaan sejumlah warga yang melarikan diri ke semak-semak,” imbuhnya.

Advertisement

Diduga serangan ini merupakan ‘pembalasan’ atas serangan ekstremis Islam nigeria, Boko Haram, yang menembaki gereja dan menyerang kelompok umat Kristen di Nigeria. Terlebih diketahui bahwa desa Imbur merupakan pemukiman yang dihuni oleh mayoritas warga Kristen, sedangkan desa Gwalam dihuni oleh mayoritas warga Muslim.

Korban tewas juga dikonfirmasikan oleh pejabat setempat. “Kami mendapat laporan dua orang tewas dalam serangan di desa Gwalam oleh sekelompok warga Kristen. Kami telah mengambil sejumlah barang bukti dari rumah-rumah yang dibakar,” terang pejabat pemerintah setempat, Gamo Jika.

Desa Imbur dan Gwalam terletak di wilayah Numan, Adamawa, yang menjadi pusat konflik sektarian antar dua agama terbesar di Nigeria.

Advertisement

Akhir-akhir ini, sejumlah aksi kekerasan di Nigeria dilakukan oleh ekstremis Islam, Boko Haram. Aksi mereka yang meledakan bom di gereja saat malam Natal serta menembaki gereja saat ada kebaktian, menimbulkan ketakutan di masyarakat. Sebab sebelumnya, warga Muslim yang bermukim di wilayah utara Nigeria dan warga Kristen yang bermukim di wilayah selatan Nigeria, selalu hidup berdampingan dengan damai. detikcom

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif