News
Senin, 11 Februari 2013 - 23:07 WIB

SEJARAH BARU VATIKAN: Paus Disarankan Mundur Sejak Lama

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Paus Benediktus XVI

Paus Benediktus XVI

JAKARTA– Paus Benediktus XVI menyatakan pengunduran dirinya per 28 Februari 2013 dari Tahta Suci Vatikan karena alasan kesehatan.

Advertisement

Kabar tentang pemimpin 1,2 miliar umat Katolik Roma sedunia itu mengejutkan dan menjadi topik perbincangan di berbagai media massa dunia pada Senin (11/2/2013).

Dia merupakan Paus pertama yang mengundurkan diri dalam 600 tahun terakhir. Paus biasanya menjabat sampai meninggal dunia. Dalam laman Guardian, dikatakan kesehatan tubuh yang menurun menyebabkan Benediktus tidak bisa melaksanakan tugas-tugasnya.

Menanggapi isu tekanan dari pihak Vatikan, kakak Paus Benediktus, Georg Ratzinger, mengatakan adiknya disarankan oleh dokter untuk beristirahat dan mundur dari tahta sudah sejak berbulan-bulan yang lalu.

Advertisement

Dari rumahnya di Regensburg, Berlin, Georg mengatakan kepada media bahwa kakaknya sudah kesulitan berjalan dan pengunduran dirinya (Sang Paus) merupakan ‘proses alami’.

“Usianya semakin membebaninya,” ujar Georg, 89, tentang kondisi adiknya, Joseph Ratzinger (Paus Benediktus  XVI), 85. Paus Benediktus XVI terpilih sebagai Uskup Roma pada 2005, menggantikan Paus Yohanes Paulus II yang sangat populer.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif