News
Jumat, 7 Juli 2023 - 00:34 WIB

Sebelum Pendarahan Otak, Cak Nun Tampil Bareng Kiai Kanjeng hingga Dini Hari

Newswire  /  Abu Nadzib  /  Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Emha Ainun Nadjib di kediaman orang yang sering disebutnya sebagai guru, Umbu Landu Paranggi di Bali tahun 2017. Umbu Landu meninggal dunia 6 April 2021. (Istimewa)

Solopos.com, YOGYAKARTA — Sebelum mengalami pendarahan otak dan harus dirawat di RSUP Dr Sardjito, budayawan Emha Ainun Nadjib (Cak Nun) sempat pentas bareng Grup Kiai Kanjeng di Kampung Mataraman, Yogyakarta, pada Minggu (2/7/2023) malam.

Kegiatan bersama Kiai Kanjeng itu berlangsung hingga dini hari sehingga diduga membuat Cak Nun kelelahan.

Advertisement

“Mungkin karena kelelahan, karena memang Cak Nun harus dijaga secara fisik, kan Cak Nun usianya 70 tahun. Kecapaian sehingga ada sedikit pendarahan di otak terus kemudian dibawa ke rumah sakit,” kata mantan sekretaris pribadinya, Nur Janis Langgabuana saat dihubungi di Yogyakarta, Kamis (6/7/2023).

Cak Nun kini dirawat intensif di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Nur Janis mengatakan kondisi Cak Nun sudah membaik. Salah satu tokoh nasional itu mulai sadar dan bisa diajak bicara.

Advertisement

“Sekarang sudah lebih baik dari kabar yang saya dapat pukul 17.00 WIB tadi. Kalau tadi membaik, sekarang lebih baik lagi,” katanya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Nur Janis mendapatkan kabar itu dari Ahmad Syakurun Muzakki atau Cak Zakki yang merupakan adik sekaligus manajer Cak Nun.

Berdasarkan informasi terakhir, kata dia, Cak Nun bahkan sudah dalam kondisi sadar dan dapat berkomunikasi meski masih terbatas.

Advertisement

Menurut Nur Janis, Cak Nun mulai menjalani perawatan di RSUP Dr Sardjito, Sleman, pada Kamis sekitar pukul 14.30 WIB.

“Adiknya ngabari saya CN (Cak Nun) masuk rumah sakit, terus kemudian saya memantau perkembangannya,” ujar Nur Janis.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif