News
Selasa, 13 Maret 2012 - 14:42 WIB

RUSUH LP KEROBOKAN: Kerugian Mencapai Rp5,73 Miliar

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kerusuhan Lapas di Kerobokan, Denpasar Bali, Selasa (21/2) malam (Foto Antara)

Kerusuhan Lapas di Kerobokan, Denpasar Bali, Selasa (21/2) malam (Foto Antara)

DENPASAR-Akhir Februarai 2012 terjadi kerusuhan di Lapas Kerobokan, Denpasar, Bali. Kerusuhan yang merusak bangunan Lapas tersebut menimbulkan kerugian material  Rp5,73 miliar.

Advertisement

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Kementerian Hukum dan HAM Wilayah Bali Priyadi, Selasa (13/3/2012), mengatakan jumlah tersebut tidak jauh dari perkiraan kerugian sebelumnya yang berkisar Rp4 miliar hingga Rp5 miliar.

“Berdasarkan hasil penghitungan oleh lembaga independen dan tim diperoleh angka kerugian sebesar itu. Perhitungannya mencakup kerusakan bangunan dan peralatan,” katanya kepada wartawan di Denpasar.

Dia menjelaskan, terkait anggaran untuk perbaikan lapas yang rusak parah akibat terbakar saat kerusuhan itu, pihaknya akan mengajukan ke Kementerian Hukum dan HAM.

Advertisement

“Mengenai anggaran, Kakanwil akan mengajukan ke pusat,” katanya.

Kerusuhan yang terjadi pada Selasa (21/2) malam di Lapas Denpasar yang berada di Kerobokan, Kabupaten Badung, mengakibatkan seluruh perkantoran terbakar.

Warga binaan dalam lapas itu mengamuk setelah sebelumnya terjadi keributan antarnapi.

Advertisement

Penyebab kerusuhan diduga dipicu karena kelebihan kapasitas, dan juga berdasarkan pengakuan sejumlah napi mereka cukup sering mendapat perlakuan yang diskriminatif dari petugas lapas. Untuk menjaga keamanan, ratusan personel polisi dan TNI disiagakan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif