News
Minggu, 1 September 2013 - 04:15 WIB

RUPIAH MELEMAH : Harga Produk TI Terus Merangkak

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - PAMERAN KOMPUTER ACE

Solopos.com, SOLO — Harga produk teknologi informatika (TI) terus merangkak naik. Di ajang pameran Apkomindo Computer Expo (ACE) XI, yang dihelat di Diamond Solo Convention Center (DSCC), Rabu-Minggu (28/8-1/9), kenaikan harga bisa saja terjadi setiap hari.

Pejabat Humas Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Solo, Nova Milyard, menyampaikan meskipun terjadi kenaikan harga saat pameran, tetapi momen tersebut menjadi momen yang tepat untuk membeli produk TI.

Advertisement

“Karena, dari informasi yang kami terima, hampir semua vendor akan kembali menaikkan harga produk TI pada pekan depan. Jadi, sekaranglah saatnya beli produk TI,” kata Nova, di sela-sela pameran, Sabtu (31/8/2013).

Pameran komputer terbesar di Soloraya itu tinggal satu hari lagi. Minggu (1/9) ini adalah momen bagi pedagang produk TI untuk memaksimalkan penjualan sebelum ada kenaikan harga lagi.

Pameran tersebut membuka 102 stan dan diikuti 29 vendor produk TI, antara lain Acer, Advan, Asus, Axioo, BenQ, Cyrus, Hp, Lenovo, MyPad, Tabulet, Toshiba, Sony Vaio, Philips, Dell, Canon, Epson, InFocus, Huawei dan lain-lain.

Advertisement

Penjualan Produk

Pemilik Andalas Computer, Bintoro, menyebutkan kenaikan harga produk TI yang cukup signifikan selama ajang pameran berlangsung turut berpengaruh terhadap penjualan produk TI, bahkan tingkat kunjungan.

“Memang masih lebih baik dibanding dengan pameran Juni kemarin. Tetapi, jika dibandingkan dengan pameran yang sama di tahun lalu, penjualannya turun drastis. Mungkin hampir 50%,” jelas Bintoro, saat ditemui di lokasi pameran.

Advertisement

Pihaknya berharap akhir pekan ini penjualan bisa kembali bergairah. “Memang tidak ada promo apa-apa. Tapi kami berharap pelanggan bisa beli produk TI sekarang sebelum harga semakin tinggi,” jelas dia.

Seperti diketahui, selama dua pekan ini produk gadget dihantam kenaikan kurs dolar yang sangat signifikan. Di awal pameran komputer, harga produk TI sudah naik kisaran Rp200.000 hingga Rp500.000 per unit.

Sementara itu, untuk merangsang tingkat kunjungan penyelenggara pameran mengadakan seminar teknologi bertajuk Twitter Is Money. Tema yang diangkat adalah Membuka Rahasia 7 Ladang Uang di Twitter. Seminar tersebut menghadirkan tiga pembicara yang dinilai kompeten dalam bidang pemasaran melalui dunia maya.

Dalam seminar tersebut, pengunjung bisa belajar cara memanfaatkan Twitter untuk berjualan, serta cara mengelola akun yang tepat. Seminar ini dilatarbelakangi pertumbuhan pasar gadget yang pesat belakangan. Seperti diketahui pula, akhir-akhir ini penjualan gadget terutama tablet dan smartphone cukup mendominasi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif