News
Rabu, 23 Juni 2010 - 11:37 WIB

RI peroleh utang lunak 27,195 miliar Yen

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Pemerintah Jepang memberikan pinjaman senilai  27,195 miliar Yen kepada pemerintah Indonesia, untuk membantu program perubahan iklim di tanah air. Bantuan ini merupakan pinjaman tahap ketiga dalam rangka program perubahan iklim.

“Pinjaman ini diberikan untuk perubahan iklim secara umum. Lebih spesifik lagi, untuk pengurangan emisi dan penghijauan hutan,” kata Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri, TM Hamzah Thayeb usai melakukan penandatanganan perjanjian pinjaman di kantornya, Jalan Pejambon, Jakarta, Rabu (23/6).

Advertisement

Ia mengatakan, program bantuan pinjaman ini berjangka waktu 15 tahun termasuk grace period. Bunga yang diberikan sangat kecil, sebesar 0,15% per tahun. “Bunganya rendah sekali dan ini pinjaman tidak mengikat,” imbuhnya.

Selain itu ia mengatakan, bantuan ini dimaksudkan untuk membantu perekonomian dan pembangunan di Indonesia, terutama mendukung upaya-upaya pengurangan emisi gas rumah kaca serta peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Sebelumnya, Maret lalu Pemerintah Jepang juga telah menyediakan pinjaman senilai 2 miliar Yen untuk perbaikan hutan dan peningkatan pencegahan bencana alam.

Advertisement

dtc/ tiw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Utang Lunak
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif