News
Senin, 18 Januari 2016 - 20:15 WIB

REVISI UU TERORISME : UU Terorisme Diusulkan Direvisi, Begini Tanggapan JK

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Revisi UU Terorisme diusulkan pascateror bom Thamrin.

Solopos.com, JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan pemberantasan aksi terorisme bisa lebih optimal dengan menjalankan aturan yang ada dan mengefektifkan tugas intelijen.

Advertisement

Hal itu disampaikan oleh Jusuf Kalla menanggapi adanya usulan revisi Undang-undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

“Sebenarnya yang paling penting itu efektivitasnya jaringan, intelijen itu penting. Semua sudah ada hukumnya, tinggal bagaimana pelaksanaannya efektif,” kata dia di Kantor Wakil Presiden, Senin (18/1/2016).

JK mencontohkan ledakan bom di Jl. M.H. Thamrin, Jakarta, bukan terjadi karena kesalahan undang-undang. Menurut dia, seluruh pihak harus bekerja keras untuk menangkal terorisme.

Advertisement

Dia menilai, berapapun undang-undang teroris yang dibuat, jika tidak diberantas bersama, maka tak akan efektif.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan mengharapkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menanggapi secara positif rencana revisi UU terorisme agar penegak hukum bisa melakukan pencegahan aksi teror.

Luhut mengatakan satu poin penting dalam revisi undang-undang terorisme tersebut ialah penambahan kewenangan kepada aparat untuk dapat menangkap dan menahan terduga terorisme sebagai langkah pencegahan.

Advertisement

Eks Kepala Staf Kepresidenan tersebut menyatakan aksi teror bom dan penembakan di Jalan MH Thamrin sudah diketahui sejak menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2016.

“Ini sebenarnya dari mulai Desember kita sudah tahu, tapi karena belum ada alat bukti, ya tidak bisa ditindak,” jelas purnawirawan jenderal TNI tersebut seperti dikutip dari Antara.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif