News
Sabtu, 15 Oktober 2011 - 06:38 WIB

Realisasi FLPP Kemenpera-Jamsostek masih minim

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Solopos.com)--Pemanfaatan fasilitas uang muka kredit perumahan rakyat (KPR) bersubsidi oleh kalangan pekerja melalui kerjasama perbankan dengan Jamsostek masih minim.

Di Bank BTN Solo pemanfaat Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yang juga memanfaatkan fasilitas uang muka KPR dari Jamsostek baru 20 aplikasi kredit. “Masih sangat minim. BTN baru menyetujui sekitar 20 kredit perumahan rakyat (KPR) yang menggunakan FLPP kerja sama dengan Jamsostek,” kata Branch Manager BTN Solo, Hendratno, saat ditemui wartawan, di ruang kerjanya seusai pemberian CSR berupa saluran air di Perumahan Plesungan, Gondangrejo, Karanganyar, Jumat (14/10/2011).

Advertisement

Hendratno menyampaikan, program penyaluran FLPP ke kalangan pekerja ini masih perlu disosialisasikan lagi. Setidaknya, agar para pekerja yang terkaver dalam Jamsostek bisa memanfaatkan fasilitas pembiayaan dari Jamsostek dan bank. Seperti diketahui, dalam kerja sama tersebut, Jamsostek menyediakan fasilitas uang muka KPR senilai Rp 20 juta dan bisa diangsur dengan bunga 6%. Sementara perbankan akan mengkaver sisa KPR dengan bunga sesuai ketentuan pemerintah yakni 8,5%.

Pihaknya merasa perlu menggandeng kembali developer bersama dengan Jamsostek agar sosialisasi ke kalangan pekerja ini benar-benar tepat sasaran. Bahkan, kalau perlu, menurut Hendratno, prosedur penyalurannya dimodifikasi.

“Selama ini, sesuai dengan prosedur, pekerja mengajukan rekomendasi terlebih dahulu ke Jamsostek baru ke bank. Kalau bisa, prosedur itu dibalik. Saat ini, saya ada sekitar 260 persetujuan kredit. Nanti akan saya pilah-pilah, yang PNS berapa, yang wirausaha berapa, dan yang karyawan swasta ini berapa dan akan saya serahkan ke Jamsostek.”

Advertisement

Dari situ, lanjut dia, akan ada proses lanjutan di mana bank akan memanggil debitur dan bisa diarahkan ke Jamsostek untuk mengambil fasilitas bantuan uang muka dari Jamsostek.

(haw)

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Jamsostek Kemenpera Rumah
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif