Sejarah Hari Ini: 11 September 2001, WTC New York Disambar Pesawat Terbang

Gedung World Trade Center didera Serangan 9 - 11, 11 September 2001. (Youtube.com)
11 September 2019 00:20 WIB Rahmat Wibisono Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Menara kembar World Trade Center di New York, Amerika Serikat (AS) disambar pesawat terbang pada tanggal 11 September 2001. Dunia mencatatnya sebagai serangan kelompok Al-Qaeda yang kondang disebut sebagai Serangan 9/11.

Bermacam-macam peristiwa penting dan bersejarah lainnya terjadi dari tahun ke tahun pada 11 September itu. Demi mengenangnya, Solopos.com merangkum berbagai macam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 11 September, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

1297
Salah satu pertempuran di masa Perang Kemerdekaan Skotlandia antara pasukan Skotlandia dan pasukan Inggris meletus di Jembatan Stirling, Stirling, Skotlandia. Pertempuran yang hanya berlangsung selama sehari itu berakhir dengan kemenangan Skotlandia dan menjadi salah satu kemenangan terbesar dari kubu Skotlandia selama Perang Kemerdekaan Skotlandia.

1565
Pasukan Kesultanan Ottoman menarik diri dari Malta sekaligus mengakhiri Pengepungan Besar Malta yang berlangsung hampir empat bulan. Pasukan Kesultanan Ottoman gagal menembus pertahanan Malta yang dijaga pasukan Kekaisaran Spanyol, Ksatria Hospitaller, dan penduduk Malta.

Ilustrasi Pengepungan Besar Malta. (Wikimedia.org)

Ilustrasi Pengepungan Besar Malta. (Wikimedia.org)

1697
Pasukan Kekaisaran Romawi Suci dan pasukan Kerajaan Hungaria berhasil mengalahkan pasukan Kesultanan Ottoman dalam Pertempuran Zenta di Zenta, Sanjak Segedin, Kesultanan Ottoman atau kini Senta, Vojvodina, Serbia. Dalam pertempuran itu, Kesultanan Ottoman kehilangan sekitar 30.000 tentaranya yang tewas di medan pertempuran.

1709
Pasukan Inggris, Kekaisaran Romawi Suci, Belanda, dan Prusia—yang disebut Aliansi Agung—menyerang wilayah kekuasaan Prancis di Malplaquet dan memicu Pertempuran Malplaquet. Meski mendapatkan bantuan pasukan dari Bayern, Prancis tak mampu mengalahkan pasukan Aliansi Agung yang membawa tentara lebih banyak. Dalam pertempuran itu, pasukan Aliansi Agung terdiri atas 86.000 tentara, sedangkan Prancis yang dibantu Bayern hanya mengerahkan 75.000 tentara.

1714
Pasukan Spanyol pimpinan Raja Philip V yang dibantu Prancis berhasil menduduki ibu kota Catalonia, yakni Barcelona, setelah mengepungnya sejak 25 Juli 1713. Dengan dikuasainya Barcelona, Catalonia lantas menjadi wilayah kekuasaan Spanyol hingga kini.

1941
Pentagon mulai dibangun di Arlington, Virginia, Amerika Serikat (AS). Pentagon merupakan kantor utama angkatan bersenjata AS. Pembangunan Pentagon selesai dalam waktu 18 bulan.

1944
Angkatan Udara Inggris membombardir Kota Darmstadt, Jerman. Serangan itu menyebabkan kebakaran besar dan menewaskan sekitar 11.500 orang.

1945
Stasiun penyiaran radio milik pemerintah Indonesia, Radio Republik Indonesia (RRI), resmi didirikan. Kini, 11 September diperingati sebagai Hari Radio Republik Indonesia.

1978
Dejan Stankovic. (Aab-edu.net)

Dejan Stankovic. (Aab-edu.net)

Dejan Stankovic lahir di Beograd, Yugoslavia. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela dua klub besar di Italia, yakn Lazio dari 1998 hingga 2004 dan Inter Milan sejak 2004 sampai 2013. Sebelum gantung sepatu, Stankovic telah mencetak 22 gol dari 137 penampilannya bersama Lazio di Liga Italia dan 29 gol dari 231 penampilannya kala membela Inter Milan di Liga Italia.

2001
Empat serangan mendera sejumlah wilayah di Amerika Serikat (AS). Konon, serangan itu bermula dari pembajakan empat pesawat, dua pesawat digunakan untuk menabrak Menara Kembar World Trade Center di New York, satu pesawat untuk menyerang Pentagon di Arlington, dan satu pesawat jatuh di lapangan dekat Shanksville. Serangan yang diyakini dilakukan kelompok Al-Qaeda dan didalangi Osama bin Laden itu menewaskan 2.996 orang termasuk para pembajak pesawat. (Solopos.com/Ginanjar Saputra)