Leonardo Dicaprio Soroti "Gunung" Sampah di Bantar Gebang

Leonardo Dicaprio (Pictagram)
07 September 2019 15:00 WIB Chelin Indra Sushmita Nasional Share :

Solopos.com, SOLO – Tumpukan sampah di kawasan Jakarta dan sekitarnya membuat aktor Hollywood Leonardo Dicaprio prihatin. Artis papan atas tersebut mengunggah foto penampakan TPST Bantar Gebang di Bekasi, Jawa Barat, lewat akun Instagram pribadinya, @leonardodicaprio, Jumat (6/9/2019).

Foto viral tersebut memperlihatkan pemulung yang mencari barang bekas di kawasan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat. Leonardo Dicaprio sangat prihatin melihat sampah yang menggunung di Bantar Gebang yang dianggap sebagai tempat sampah terbesar di dunia.

“Pemulung mengumpulkan plastik di antara sampah rumah tangga di TPST Bantar Gebang dekat Jakarta. Kawasan ini dianggap sebagai tempat sampah terbesar di dunia, Januari 2019. Foto oleh Adam Dean,” tulis Keobardo Dicaprio sebagai keterangan foto viral unggahannya.

Foto viral TPST Bantar Gebang yang diunggah Leonardo Dicaprio mendapat ribuan respons netizen, khususnya dari Indonesia. Unggahan itu membuat beberapa dari mereka merasa tertampar.

“Saya benci ini. Tetapi, ini adalah kenyataan di negara saya,” terang @adindaaaa6.

“Hai Leo, mengapa Anda tidak menggunakan sebagian uangmu untuk membersihkan dunia malah justu mengunggah fotonya? Jelas kami tidak memiliki dana yang dibutuhkan untuk membuat perbedaan yang nyata. Jadi, bagaimana mem-posting hal-hal seperti ini akan membantu apapun jika tidak ada tindakan?” tanya @gajinwilk.

Selama ini, Leonardo Dicaprio sering mencermati kondisi lingkungan di Indonesia.

Dia pernah mengajak masyarakat menjaga kelestarian alam di Raja Ampat, Papua. Dia juga pernah bersuara tentang kehidupan gajah di Sumatra Utara yang tergusur akibat perkebunan kelapa sawit.

Seperti diketahui, Leonardo Dicaprio adalah salah satu aktivis lingkungan hidup. Bintang film Titanic itu sangat fokus pada isu-isu lingkungan. Kebanyakan unggahan di Instagram-nya berisi tentang isu-isu lingkungan yang memprihatinkan.