News
Kamis, 25 April 2024 - 17:46 WIB

Pelantikan Prabowo-Gibran Bakal Digelar Spesial, Catat Jadwalnya!

Redaksi Solopos.com  /  Chelin Indra Sushmita  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto (kiri) bersama Gibran Rakabuming Raka (kanan) bersiap mengikuti rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden terpilih Pemilu 2024 di depan Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Rabu (24/4/2024). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.

Solopos.com, SOLO — KPU telah menetapkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih pada Rabu (24/4/2024). Setelah penetapan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, KPU akan melanjutkan ke tahapan pelantikan.

Sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024.

Advertisement

Berdasarkan aturan tersebut, KPU dijadwalkan melakukan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada Minggu, 20 Oktober 2024 mendatang. Pasangan terpilih akan melakukan pengucapan sumpah/janji Presiden dan Wakil Presiden.

“Pengucapan sumpah/janji Presiden dan Wakil Presiden: Minggu, 20 Oktober 2024,” demikian keterangan yang terlampir dalam PKPU Nomor 3 Tahun 2024 yang ditetapkan oleh Ketua KPU Hasyim Asy’ari tertanggal 9 Juni 2022.

Prabowo-Gibran akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden secara spesial. Bagaimana tidak, mereka akan menjadi Presiden dan Wakil Presiden pertama yang akan dilantikn di IKN (Ibu Kota Nusantara).

Advertisement

Hal tersebut sempat disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Basuki membeberkan rencana lokasi pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih di IKN.

“Pelantikan Presiden rencana di sana,” kata Basuki saat ditemui di Kompleks Parlemen, Selasa (2/4/2024).

Menanggapi hal ini, Gibran tak mau ambil pusing. Wali Kota Solo tersebut mengatakan siap mengikuti aturan dan lokasi pelantikan di manapun itu akan diselenggarakan. “Saya ngikut saja,” jelas Gibran awal April lalu.

Advertisement

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Jadwal Pelantikan Presiden-Wapres Terpilih Prabowo-Gibran, Bakal Spesial”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif