Sejarah Hari Ini: 2 September 1945, Perang Dunia II Berakhir

Menteri Luar Negeri Jepang, Mamoru Shigemitsu, menandatangi dokumen penyerahan diri Jepang dalam Perang Dunia II di Kapal USS Missouri, 2 September 1945. (Wikimedia.org)
02 September 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Perang Dunia II secara resmi dinyatakan berakhir, 2 September 1945. Perang Dunia II dinyatakan berakhir setelah di hari yang sama, Jepang secara resmi menyerah.

Berakhirnya Perang Dunia II itu menjadi salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah di dunia yang layak dikenang pada 2 September. Berikut sejumlah peristiwa sejarah dunia pada 2 September yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

1192
Pemimpin Dinasti Ayyubiyyah Salahudin dan Raja Inggris Richard I menandatangani Perjanjian Jaffa demi mengakhiri Perang Salib III. Dinasti Ayyubiyyah dan pasukan Inggris dilarang saling berperang selama tiga tahun.

1666
Toko roti milik Thomas Farriner di Pudding Lane, London, Inggris terbakar yang menyebabkan api menjalar dengan cepat ke bagian barat kota London. Kebakaran itu lantas berlangsung selama tiga hari dan menghanguskan sekitar 10.000 bangunan di London. Kini, peristiwa itu dikenang dengan nama Kebakaran Besar London.

1649
Pasukan pimpinan Paus Innosensius X membuminhangsukan Kota Castro di wilayah Lazio, Italia. Tindakan itu dilakukan demi mengakhiri Perang Castro II antara pasukan Kepausan dan pasukan Dinasti Farnese.

1898
Pasukan Inggris dan Mesir menyerbu wilayah Omdurman, di Khartoum, Sudan. Salah satu serangan Inggris dan Mesir yang bertujuan menguasai wilayah Sudan itu lantas memicu Pertempuran Omdurman. Pertempuran itu berakhir dengan kekalahan Sudan yang memang tak memiliki persenjataan canggih seperti Inggris.


William Shankly. (Liverpoolfc.com)
1913
William Shankly lahir di Glenbuck, Ayrshire Timur, Skotlandia. Ia lantas dikenal luas sebagai salah satu manajer tim sepak bola tersukses di tanah Inggris bersama Liverpool. Selama menangani Liverpool, pria yang akrab disapa Bill itu berhasil membawa klub tersebut naik ke kompetisi kasta tertinggi di Inggris setelah beberapa tahun sebelumnya terdegradasi ke kasta kedua. Selain itu, ia lantas berhasil membuat Liverpool merengkuh tiga kali gelar juara Liga Inggris, dua gelar juara Piala FA, satu gelar juara Piala UEFA, dan empat kali gelar juara FA Charity Shield.

1945
Perang Dunia II secara resmi dinyatakan berakhir. Perang Dunia II dinyatakan berakhir setelah di hari yang sama, Jepang secara resmi menyerah. Penyerahan diri Jepang secara resmi itu dilakukan di geladak kapal USS Missouri di Teluk Tokyo, Jepang.

1945
Vietnam mendeklarasikan kemerdekaan dari Prancis dan membentuk Republik Demokratik Vietnam. Sebelumnya, wilayah Vietnam dikuasai Prancis sejak 1862.

1965
Lennox Claudius Lewis lahir di West Ham, London, Inggris. Ia lantas dikenal luas sebagai petinju kelas berat yang pernah merengkuh 41 kemenangan. Selama kariernya, Lewis hanya menelan dua kali kekalahan dan hanya sekali merasakan hasil imbang.


Alexandre Rodrigues da Silva alias Pato. (Reuters)
1989
Alexandre Rodrigues da Silva lahir di Pato Branco, Paran, Brasil. Kini, ia dikenal sebagai pemain sepak bola ternama dengan nama Alexandre Pato yang membela klub di Brasil, Sao Paulo. Sebelumnya, Pato pernah membela dua klub besar di Eropa, yakni AC Milan dan Chelsea.

1992
Gempa bumi berkekuatan 7,7 skala richter mengguncang Nikaragua. Gempa tersebut memicu tsunami di perairan barat Nikaragua dengan tinggi gelombang mencapai tiga hingga delapan meter. Tsunami itu menyebabkan sejumlah bangunan rusak parah dan sedikitnya 116 orang tewas.