Kecelakaan Tol Cipularang, Korban Tergencet Truk yang Terbakar

Petugas mengevakuasi salah satu kendaraan yang terlibat pada kecelakaan beruntun di Tol Cipularang KM 92 Purwakarta, Jawa Barat, Senin (2/9 - 2019). (Antara / Ibnu Chazar)
02 September 2019 17:00 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, PURWAKARTA -- Satu orang korban kecelakaan maut beruntun di Tol Cipularang, Purwakarta, Jawa Barat, persisnya di ruas Tol Purbaleunyi arah Jakarta Km 91, sulit dievakuasi hingga Senin (2/9/2019) siang. Korban tersebut masih tergencet reruntuhan truk yang terbakar.

”Kami masih berusaha mengevakuasi satu korban yang masih tergencet,” kata Kapolres Purwakarta Ajun Komisaris Besar Matrius, Senin siang.

Dia menuturkan korban yang belum terevakuasi itu berada dalam truk. Posisi korban terjepit reruntuhan sehingga sulit dievakuasi. ”Kami harus satu per satu memotong reruntuhan mobil, sehingga bisa mengevakuasi jasad korban,” kata Matrius.

Sebelumnya, Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru menjelaskan saat ini PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Purbaleunyi masih menangani proses evakuasi korban dan kendaraan serta melakukan rekayasa lalu lintas di lokasi kejadian.

Selain itu, petugas layanan Jalan Tol Jasa Marga dan Polisi Jalan Raya (PJR) melakukan pengaturan lalu lintas di sekitar tempat kejadian. Ada dua pengaturan lalu lintas yang dilakukan oleh Jasa Marga Cabang Purbaleunyi, yaitu contraflow dan pengalihan arus lalu lintas.

Untuk pengguna jalan yang saat ini berada di sekitar lokasi kejadian, rekayasa lalu lintas contraflow telah diberlakukan di titik awal Km 93 hingga Km 90.

Sementara pengguna jalan yang saat ini dari arah Bandung menuju Jakarta dapat keluar melalui GT Cikamuning Km 116 dan masuk kembali ke Jalan Tol Purbaleunyi melalui GT Jatiluhur Km 81.

"Kami juga mengerahkan kendaraan ambulans, kendaraan pemadam kebakaran dan kendaraan penyelamat di lokasi untuk menangani evakuasi korban dan kendaraan," katanya dalam keterangan persnya.

Polisi masih menyelidiki kasus kecelakaan maut di Tol Cipularang Kilometer 77, arah Jakarta yang telah menelan korban jiwa dan luka-luka. Diketahui hingga saat ini kecelakaan tersebut melibatkan 21 mobil dengan korban meninggal dunia 9 orang.

Kapolres Purwakarta AKBP Matrius mengatakan, banyak faktor yang memicu adanya kecelakaan yang melibatkan 21 mobil. Dugaan sementara, penyebab terjadinya kecelakaan itu akibat mobil truk pengangkut tanah yang terguling dan menutup jalan.

Matrius mengatakan ada sebanyak 9 korban tewas akibat kecelakaan beruntun tersebut. Empat dari sembilan korban tewas dalam kondisi terbakar. Selain itu, ada sebanyak 17 korban luka-luka yang kini sudah dibawa ke rumah sakit untuk menjalanin perawatan intensif. Petugas juga sudah mengevakuasi puluhan kendaraan yang mengalami tabrakan dari lokasi.

Korban yang meninggal dan luka-luka akibat kecelakaan maut itu selanjutnya dibawa ke rumah sakit yang ada di Purwakarta, yakni RSUD Bayu Asih, Rumah Sakit Siloam dan Rumah Sakit Thamrin.

Sumber : Suara.com