Teknologi
Selasa, 19 Maret 2024 - 17:04 WIB

Perbedaan El Nino dan La Nina

Redaksi Solopos.com  /  Akhmad Ludiyanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi cuaca ekstrem. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA – Tahukah kamu apa perbedaan El Nino dan La Nina? Kalau belum tahu, simak penjelasan berikut ini.

BMKG telah memeringatkan masyarakat bahwa fase El Nino akan segara digantikan La Nina dalam waktu dekat. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan penjelasan terkait hal ini.

Advertisement

Menurut BMKG, Minggu (17/3/2024), El Nino kemungkinan akan menjadi netral pada periode bulan Mei atau Juni. “El Nino diprediksi akan segera menuju netral pada periode Mei, Juni, Juli 2024,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers virtual pada Jumat 15 Maret 2024 lalu.

Mengacu pada informasi yang diumumkan BMKG ini, banyak yang penasaran tentang apa itu El Nino dan La Nina. Dilansir dari Oceam Servives, selama kondisi normal di Samudera Pasifik, angin pasat bertiup ke barat sepanjang garis khatulistiwa, membawa air hangat dari Amerika Selatan menuju Asia.

Advertisement

Mengacu pada informasi yang diumumkan BMKG ini, banyak yang penasaran tentang apa itu El Nino dan La Nina. Dilansir dari Oceam Servives, selama kondisi normal di Samudera Pasifik, angin pasat bertiup ke barat sepanjang garis khatulistiwa, membawa air hangat dari Amerika Selatan menuju Asia.

Untuk menggantikan air hangat tersebut, air dingin naik dari kedalaman atau yang disebut sebagai proses upwelling. El Nino dan La Nina adalah dua pola iklim berlawanan yang merusak kondisi normal tersebut.

Para ilmuwan menyebut fenomena ini sebagai siklus El Nino-Southern Oscillation (ENSO). El Nino dan La Nina dapat menimbulkan dampak global terhadap cuaca, kebakaran hutan, ekosistem, dan perekonomian.

Advertisement

 

El Nino

Selama El Nino, angin pasat melemah. Air hangat didorong kembali ke timur, menuju pantai barat Amerika. El Nino dapat mempengaruhi cuaca kita secara signifikan. Perairan yang lebih hangat menyebabkan aliran jet Pasifik bergerak ke selatan dari posisi netralnya.

Dengan perubahan ini, wilayah di AS bagian utara dan Kanada menjadi lebih kering dan hangat dari biasanya. Namun di Pantai Teluk dan Tenggara AS, periode ini lebih basah dari biasanya dan menyebabkan peningkatan banjir. El Nino juga berdampak kuat terhadap kehidupan laut di lepas pantai Pasifik. Dalam kondisi normal, upwelling membawa air dari kedalaman ke permukaan; air ini dingin dan kaya nutrisi. Selama El Nino, upwelling melemah atau berhenti sama sekali. Tanpa nutrisi dari perairan dalam, jumlah fitoplankton di lepas pantai akan berkurang. Hal ini mempengaruhi ikan yang memakan fitoplankton dan, pada gilirannya, mempengaruhi semua yang memakan ikan. Perairan yang lebih hangat juga dapat membawa spesies tropis, seperti tuna ekor kuning dan albacore, ke daerah yang biasanya terlalu dingin.

Advertisement

 

La Nina

Sementara itu, La Nina dalam bahasa Spanyol artinya Gadis Kecil. La Nina juga kadang-kadang disebut El Viejo, anti-El Nio, atau sekadar “peristiwa dingin”. La Nina mempunyai dampak yang berkebalikan dengan El Nino.

Selama peristiwa La Nina, angin pasat bahkan lebih kuat dari biasanya, mendorong lebih banyak air hangat menuju Asia. Di lepas pantai barat Amerika, upwelling meningkat, membawa air dingin yang kaya nutrisi ke permukaan.

Advertisement

Perairan dingin di Pasifik mendorong aliran jet ke utara. Hal ini cenderung menyebabkan kekeringan di Amerika bagian selatan dan hujan lebat serta banjir di wilayah barat laut Pasifik dan Kanada.

Selama tahun La Nina, suhu musim dingin lebih hangat dari biasanya di wilayah Selatan dan lebih dingin dari biasanya di wilayah Utara. La Niña juga dapat menyebabkan musim badai yang lebih parah. Kemudian selama La Nina, perairan di lepas pantai Pasifik menjadi lebih dingin dan mengandung lebih banyak nutrisi dari biasanya.

Lingkungan ini mendukung lebih banyak kehidupan laut dan menarik lebih banyak spesies perairan dingin, seperti cumi-cumi dan salmon, ke tempat-tempat seperti pantai California.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Perbedaan El Nino dan La Nina, Fenomena Alam yang Siap “Menyapa” Indonesia”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif