Sejarah Hari Ini: 24 Agustus 1814, Inggris Bakar Gedung Putih di AS

Gambaran pembakaran Gedung Putih di Washington D.C., AS, 24 Agustus 1814. (Wikimedia.org)
24 Agustus 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Pasukan Inggris membakar istana presiden AS yang dikenal sebagai Gedung Putih di Washington D.C, 24 Agustus 1814. Dalam peristiwa di masa Perang 1812 Inggris-AS itu, pasukan Inggris juga menghacurkan gedung-gedung di Washington D.C.

Pembakaran Gedung Putih itu menjadi salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah di dunia yang layak dikenang pada 24 Agustus. Berikut sejumlah peristiwa sejarah dunia pada 24 Agustus yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

79
Gunung Vesuvius di Italia meletus dan mengubur seluruh wilayah Kota Pompeii dan sebagian wilayah Herculaneum, dan Stabiae dengan abu vulkanis. Akibat letusan tersebut, hampir seluruh penduduk Kota Pompeii tewas tersapu awan panas dan Kota Pompeii hilang selama 1.600 tahun karena timbunan abu vulkanis.

1185
Pasukan Kerajaan Sisilia berhasil mengalahkan pasukan Kekaisaran Bizantium sekaligus membumihangsukan Kota Thessaloniki di Yunani. Sebelumnya, pasukan Kerajaan Sisilia telah mengepung kota tersebut selama 25 hari.


Gambaran Pertempuran Dabiq di Dabiq, dekat Alepo, Suriah, 24 Agustus 1516. (Wikimedia.org)
1516
Pasukan Kesultanan Ottoman berhasil mengalahkan pasukan Kesultanan Mamluk dalam Pertempuran Dabiq di Dabiq, dekat Alepo, Kesultanan Mamluk atau kini Suriah. Atas kemenangan itu, Kesultanan Ottoman berhak menguasai seluruh wilayah Suriah.

1814
Pasukan Inggris membakar dan mengancurkan gedung-gedung yang berdiri di ibu kota Amerika Serikat (AS), Washington D.C. Peristiwa itu terjadi pada masa Perang 1812 Inggris-AS. Dalam peristiwa tersebut, pasukan Inggris juga membakar istana presiden AS atau yang dikenal sebagai Gedung Putih.

1903
Mohammad Yamin lahir di Sawahlunto, Sumatera Barat, Hindia-Belanda atau kini Indonesia. Ia lantas dikenal luas sastrawan, sejarawan, budayawan, politikus, dan ahli hukum. Kini, namanya dikenang sebagai pahlawan nasional Indonesia. Selain itu, Mohammad Yamin juga merupakan salah satu pelopor Sumpah Pemuda.

1914
Pertempuran Cer yang berlangsung di Gunung Cer, Kerajaan Serbia dan melibatkan pasukan Austria-Hungaria dan pasukan Serbia berakhir. Pertempuran yang berlangsung selama sembilan hari itu berakhir dengan kemenangan Serbia. Kemenangan itu adalah kemenangan besar pertama pihak Sekutu atas Blok Sentral selama Perang Dunia I.

1936
Australia mengumumkan klaimnya atas sebagian wilayah Antartika. Wilayah yang diklaim Australia diperkirakan mencapai 5.896.500 km persegi. Kini, wilayah itu dihuni oleh petugas stasiun penelitian.

1941
Pemimpin Jerman secara resmi Adolf Hitler memerintahkan untuk menghentikan program T4. T4 adalah program pemerintah Nazi Jerman untuk melakukan pembunuhan terhadap penduduk yang menyandang kelainan genetika. Diperkirakan sekitar 200.000 orang dibunuh dalam program tersebut.

1942
Pertempuran atara pasukan Sekutu dan pasukan Jepang meletus di bagian timur Kepulauan Solomon. Pertempuran tersebutb berlangsung selama dua hari dan berakhir dengan kemenangan Sekutu. Pertempuran itu dipicu perebutan wilayah di kawsan Samudera Pasifik antara Sekutu dan Jepang. Beberapa hari sebelumnya, pasukan Sekutu telah berhasil mengalahkan pasukan Jepang di Pulau Guadalkanal.


Mark David Chapman. (Biography.com)
1981
Mark David Chapman, pria yang membunuh penyanyi legenderis sekaligus vokalis The Beatles John Lennon, dijatuhi hukuman 20 tahun penjara. Chapman membunuh Lennon dengan menembak sebanyak empat kali pada 8 Desember 1980 di New York, Amerika Serikat (AS).