Sejarah Hari Ini: 15 Agustus 1962, Papua Bagian Barat Diserahkan ke PBB

Wilayah Papua bagian barat (merah). (Wikipedia.org)
15 Agustus 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Indonesia dan Belanda menandatangani Perjanjian New York di New York, Amerika Serikat (AS), 15 Agustus 1962. . Perjanjian tersebut berisi tentang penyerahan wilayah Papua bagian barat kepada United Nations Temporary Executive Authority (UNTEA) atau Otoritas Eksekutif Sementara Perserikatan Bangsa-Bangsa yang kemudian diserahkan kepada Indonesia.

Penandatanganan Perjanjian New York itu menjadi salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah di dunia yang layak dikenang pada 15 Agustus. Berikut sejumlah peristiwa sejarah dunia pada 15 Agustus yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

636
Pertempuran antara pasukan Kekhalifahan Rasyidin dan pasukan Kekaisaran Bizantium meletus di dekat Sungai Yarmuk, Syam—atau kini Lebanon, Palestina, Suriah, dan Yordania. Pertempuran yang dikenang dengan sebutan Pertempuran Yarmuk itu berlangsung selama lima hari dan berakhir dengan kemenangan pasukan Kekhalifahan Rasyidin. Atas kemenangan itu, Kekhalifahan Rasyidin berhasil menguasai seluruh wilayah Syam.


Kubilai Khan. (Wikimedia.org)
1281
Pasukan Kekaisaran Mongol di bawah pimpinan Kaisar Kubilai Khan menyerbu wilayah Kekuasaan Keshogunan Kamakura di dekat Fukuoka, Kyushu, Jepang. Serangan tersebut memicu Pertempuran Koan yang berakhir dengan kemenangan pasukan Keshogunan Kamakura. Meski kalah, Kubilai Khan lantas menyiapkan serangan berikutnya yang dilancarkan pada 1284.

1769
Napoleon Bonaparte lahir di Ajaccio, Corsica, Prancis. Ia lantas dikenal sebagai Kaisar Prancis yang memerintah dari 1804 hingga 1814 dan memerintah kembali pada 1815 selama tiga bulan. Napoleon Bonaparte mangkat pada 5 Mei 1821 setelah kondisi kesehatannya terus memburuk.

1914
Pertempuran Cer yang melibatkan pasukan Serbia dan pasukan Austria-Hungaria meletus di Gunung Cer, Serbia. Pertempuran tersebut belangsung selama sembilan hari dan berakhir dengan kemenangan Serbia dan menjadi kemenangan pertama bagi negara anggota Sekutu di masa Perang Dunia I.

1944
Pasukan Sekutu mendarat di Prancis bagian selatan demi melaksanakan Operasi Dragoon. Operasi tersebut dilaksanakan untuk merebut wilayah Prancis bagian selatan dari cengkeraman Jerman. Operasi Dragoon hanya berlangusng selama sehari dengan hasil kemenangan Sekutu yang berhasil merebut wiilayah Prancis bagian selatan.

1947
India meraih kemerdekaan penuh dari Inggris dan mengakhiri kekuasaan Inggris di India yang sudah berlangsung selama hampir 190 tahun. Mahatma Gandhi dianggap menjadi orang yang memiliki jasa besar atas kemerdekaan India. Gandhi diangap berhasil menekan pemerintah Inggris untuk memberikan kemerdekaan kepada India.

1962
Indonesia dan Belanda menandatangani Perjanjian New York di New York, Amerika Serikat (AS). Perjanjian tersebut berisi tentang penyerahan wilayah Papua bagian barat kepada United Nations Temporary Executive Authority (UNTEA) atau Otoritas Eksekutif Sementara Perserikatan Bangsa-Bangsa yang kemudian diserahkan kepada Indonesia.


Alexander Mark David Oxlade-Chamberlain. (Reuters)
1993
Alexander Mark David Oxlade-Chamberlain lahir di Portsmouth, Inggris. Kini, ia dikenal sebagai pemain sepak bola ternama yang membela salah satu klub tersukses di Liga Inggris, yakni Liverpool. Sebelum bergabung dengan Liverpool pada 2017, Chamberlain sempat membela Arsenal sejak 2011.

2005
Konflik antara Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan pemerintah Indonesia berakhir dengan penandatanganan nota kesepahaman di Helsinki, Finlandia. Dari kesepakatan tersebut, GAM menyatakan mengakhiri usahanya untuk memisahkan diri dari Indonesia. Sebelumnya, konflik GAM-Indonesia telah berlangsung selama 29 tahun dan merenggut hampir 15.000 korban jiwa.

2007
Gempa bumi berkekuatan 8,0 skala richter mengguncang Kota Ica, Peru. Bencana alam tersebut menewaskan 514 orang dan melukai 1.090 lainnya.

Kolom 10 hours ago

Puser Parto