Sejarah Hari Ini: 13 Agustus 1961, Tembok Berlin Dibangun

Penampakan Tembok Berlin, 1986. (Wikimedia.org)
13 Agustus 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO – Pada 13 Agustus 1961, Pemerintah Jerman Timur mulai membangun Tembok Berlin. Tembok tersebut dibangun untuk memisahkan Berlin Barat di Jerman Barat dengan Berlin Timur di Jerman Timur.

Dimualinya pembangunan Tembok Berlin itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 13 Agustus yang layak dikenang. Selain itu, masih banyak hal bersejarah lain pada 13 Agustus yang layak dikenang.

Berikut Solopos.com merangkumnya dalam Sejarah Hari Ini, 13 Agustus, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

1704
Pasukan Aliansi Agung yang terdiri atas Inggris, Skotlandia, Kekaisaran Romawi Suci, dan Republik Belanda berhasil mengalahkan pasukan Prancis dalam Pertempuran Blindheim, di Blindheim, dekat Hochstadt, Bayern, Jerman. Pertempuran itu adalah salah satu yang terbesar di masa Perang Penerus Spanyol.

1806
Pertempuran Misar yang melibatkan pasukan Kesultanan Ottoman dan pasukan Revolusioner Serbia meletus di Misar, Serbia. Dalam pertempuran di masa Revolusi Serbia tersebut, pasukan Kesultanan Ottoman harus rela kehilangan sekitar 6.000 tentaranya, sedangkan pasukan Revolusioner Serbia hanya kehilangan 400 hingga 600 tentaranya.

1920
Pertempuran antara pasukan Polandia dan pasukan Soviet Rusia meletus di Warsawa Polandia. Pertempuran yang terjadi pada masa Perang Polandia-Soviet Rusia itu berlangsung selama 13 hari dan berakhir dengan kemenangan pasukan Polandia.


Fidel Alejandro Castro Ruz. (Reuters)
1926
Fidel Alejandro Castro Ruz lahir di Biran, Provinsi Holguin, Kuba. Ia lantas dikenal sebagai revolusioner dan presiden Kuba yang menjabat sejak 1976 hingga 2008. Castro meninggal pada 25 November 2016 pada usia 90 tahun.

1937
Pertempuran Shanghai antara Tentara Revolusioner Tiongkok dan pasukan Jepang meletus di Shanghai dan sekitarnya. Pertempuran tersebut berlangsung hingga 26 November di tahun yang sama dengan kemenangan Jepang.

1944
Pasukan Jerman memulai penghancuran Desa Anogeia, tengah Pulau Kreta, Yunani. Sekitar 25 penduduk desa tersebut dibantai pasukan Jerman. Penghancuran desa itu berlangsung hingga 5 September di tahun yang sama.


Bendera Afrika Tengah. (Freepik.com)
1960

Afrika Tengah meraih kemerdekaan penuh dari Prancis yang menguasainya sejak akhir abad ke-19. Setalah 16 tahun merdeka, berdirilah Kerajaan Afrika Tengah. Namun pada 1979, negara tersebut berubah bentuk menjadi republik.

1961
Tembok Berlin mulai dibangun Pemerintah Jerman Timur demi memisahkan Berlin Barat di Jerman Barat dengan Berlin Timur di Jerman Timur. Pemerintah Jerman Timur menyatakan tembok tersebut sebagai benteng pelindung anti fasis. Sedangkan pemerintah Jerman Barat menyebutnya sebagai tembok yang memalukan.

1992
Lucas Rodrigues Moura da Silva lahir di Sao Paulo, Brasil. Kini, ia dikenal luas sebagai pemain sepak bola ternama yang membela klub besar di Prancis, yakni Paris Saint-Germain (PSG). Sejak bergabung dengan PSG pada 2013 silam, Moura sudah bermain sebanyak 145 kali di Liga Prancis dan mencetak 32 gol.

2007
Kelompok Taliban di Afganistan melepaskan dua pekerja asal Korea Selatan (Korsel) yang ditawan selama tiga pekan. Sebelumnya, ada 23 pekerja asal Korsel yang ditahan kelompok Taliban dan dua di antaranya tewas dibunuh. Sementara itu, 19 sandera lainnya baru dibebaskan beberapa hari kemudian.

Kolom 10 hours ago

Puser Parto