Pemprov Jateng akan Gratiskan SPP SMA Negeri pada 2020

Ilustrasi SMA (Solopos / Whisnupaksa)
13 Agustus 2019 06:30 WIB Tamara Geraldine Nasional Share :

Solopos.com, SOLO -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) mewacanakan menggratiskan biaya pendidikan sekolah menengah atas negeri (SMAN) mulai 2020. Rencana tersebut akan dibahas bersama DPRD Provinsi Jateng.

Data yang dirilis pada laman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id menunjukkan saat ini ada sebanyak 404.748 siswa SMAN se-Jateng. Setiap siswa mendapatkan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebanyak Rp1.4 juta per tahun dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Rp1 juta per tahun. Total satu siswa mendapatkan Rp2.4 juta per tahun.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Solo dan Sukoharjo, Suyanta, mengatakan Disdikbud akan segera membahas bersama DPRD Jateng mengenai wacana tersebut. Jika wacana itu diberlakukan, sekolah tidak boleh lagi menarik SPP sama sekali.

“Saya belum bisa memastikan mengenai wacana ini. Disdikbud Jateng akan membahas wacana ini bersama DPRD Jateng pada Oktober mendatang. Jika dewan menyetujui kami akan segera memberitahukan kepada SMAN di Wilayah VII,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com melalui sambungan telepon dari Solo, Senin (12/8/2019).

Suyanta berharap kebijakan tersebut bisa meringankan beban wali murid pada tahun pelajaran baru 2020 mendatang. “Harapannya Disdikbud Jateng dengan wacana ini adalah tidak ada lagi anak-anak yang tidak bisa bersekolah lantaran terkendala biaya. Saya ingin anak anak di Jateng cerdas, hebat, dan berakhlak mulia,” ujarnya.

Direktur Yayasan Satu Karya Karsa (YSKK), Kangsure, mengaku setuju dengan wacana Pemprov Jateng itu. Menurutnya, sebagian daerah di Jateng telah menerapkan SPP gratis.

“Ada beberapa Kabupaten di Jateng sudah menerapkan menggratisan biaya SPP. Tetapi hanya beberapa wilayah saja tidak menyeluruh. Harusnya Pemprov bisa menerapkan biaya gratis di di SMAN di Jateng,” ujarnya.

Ia membeberkan ada beberapa Provinsi yang sudah menerapkan wacana penggratisan biaya SPP tersebut. “Di Provinsi Jawa Timur [Jatim] sudah mulai memberlakukan penggratisan biaya SPP di sekolah. Harusnya Pemprov Jateng bisa mewujudkan wacana tersebut,” ujarnya.

Kolom 10 hours ago

Puser Parto