Sejarah Hari Ini: 12 Agustus 1099, Muslim Kalah dalam Perang Salib I

Lukisan di The Bridgeman Art Library, Inggris yang menggambarkan Tentara Salib berhasil menguasai Yerusalem di masa Perang Salib I. (Wikimedia.org)
12 Agustus 2019 00:30 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Pasukan muslim yang terdiri atas Kekhalifahan Fatimiyah, Kesultanan Seljuk, dan Kekhalifahan Abbasiyah kalah dalam Perang Salib I, 12 Agustus 1099. Pasukan muslim dikalahkan pasukan gabungan Kerajaan Prancis, Inggris, Romawi, Tentara Salib, dan pasukan dari negara lain.

Kalahnya pasukan muslim dalam Perang Salib I itu menjadi salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah di dunia yang layak dikenang pada 12 Agustus. Berikut sejumlah peristiwa sejarah dunia pada 12 Agustus yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

1099
Perang Salib I yang berlangsung sejak 1096 berakhir. Dalam perang tersebut, pasukan muslim, yaitu pasukan Kekhalifahan Fatimiyah yang dibantu Kesultanan Seljuk dan Kekhalifahan Abbasiyah, dikalahkan pasukan gabungan Kerajaan Prancis, Inggris, Romawi, Tentara Salib, dan pasukan dari negara lain.

1121
Pasukan Kerajaan Georgia berhasil mengalahkan pasukan Kesultanan Seljuk dalam Pertempuran Didgori di Tbilisi, Georgia. Dalam pertempuran tersebut, Georgia juga berhasil merebut kembali wilayah Tbilisi yang sebelumnya berhasil dikuasai Kesultanan Seljuk.

1914
Inggris mendeklarasikan perang terhadap Austria-Hungaria dalam Perang Dunia I. Negara-negara anggota Kerajaan Inggris Raya lantas mengikutinya.

1914
Pertempuran antara pasukan Jerman dan pasukan Belgia meletus di Halen, Limburg, Belgia. Dalam pertempuran yang disebut dengan Perempuran Halen itu, pasukan Belgia berhasil mengalahkan pasukan Jerman yang berusaha menguasai Belgia.


Monumen Pembantaian Sant’anna. (Wikimedia.org)
1944
Pasukan Jerman membantai sekitar 560 orang di Sant’anna, Stazzema, Italia. Semua orang yang dibantai adalah warga sipil yang 130 di antara mereka adalah anak-anak. Peristiwa tragis itu lantas dikenang dengan nama Pembantaian Sant’anna.

1944
Pembantaian panjang yang dilakukan pasukan Jerman di Wola, Warsawa, Polandia berakhir. Pembantaian yang berlangsung selama sepekan itu menewaskan 40.000 hingga 50.000 orang.

1944
Pasukan Prancis pimpinan Philippe Leclerc de Hauteclocque berhasil merebut Kota Alencon dari cengkeraman Jerman. Alencon menjadi kota pertama di Prancis yang berhasil lepas dari cengkeraman Jerman.

1950
Setelah berhasil menyerang wilayah Masan, Korea Selatan (Korsel), pasukan Korea Utara (Korut) membantai 75 tentara Amerika Serikat (AS) yang tertangkap. Peristiwa itu dikenang dengan sebutan Pembantaian Jurang Berdarah.

1976
Tentara Front Lebanon membantai sekitar 1.000 hingga 3.500 pengungsi Palestina di Tel Al-Zaatar, Lebanon. Kini, peristiwa tersebut dikenang dengan sebutan Pembantaian Tel Al-Zaatar. Pembantaian Tel Al-Zaatar adalah salah satu peristiwa paling berdarah semasa Perang Saudara Lebanon.


Fosil Tyrannosaurus Rex bernama Sue. (Reuters)
1990
Fosil Tyrannosaurus Rex terlengkap dan terbesar ditemukan di Dakota Selatan, Amerika Serikat (AS). Fosil tersebut lantas diberi nama Sue. Fosil tersebut diperkirakan berusia 65 juta tahun hingga 67 juta tahun.