Sejarah Hari Ini: 10 Agsustus 1511, Portugal Serang Malaka

Gambar karya Gaspar Correia yang menunjukkan wilayah Kesultanan Malaka setelah dikuasai Portugal. (Wikimedia.org)
10 Agustus 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO – Pada 10 Agustus 1511, pasukan Portugal pimpinan Alfonso de Albuquerque menyerang wilayah Kesultanan Malaka. Serangan itu awal dari runtuhnya Kesultanan Makala.

Serangan Portugal ke wilayah Kesultanan Malaka merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 10 Agustus yang layak dikenang. Selain itu, masih banyak hal bersejarah lain pada 10 Agustus yang layak dikenang. Berikut Solopos.com merangkumnya dalam Sejarah Hari Ini, 10 Agustus, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

1511
Pasukan Portugal pimpinan Alfonso de Albuquerque menyerang wilayah Kesultanan Malaka. Serangan itu sekaligus menjadi awal runtuhnya Kesultanan Malaka yang berdiri sejak 1400. Sultan Malaka Mahmud Syah lantas melarikan diri ke Pulau Bintan setelah kesultanan yang ia pimpin jatuh ke tangan Portugal.

1913
Kerajaan Bulgaria, Rumania, Serbia, Montenegro, dan Yunani menandatangani Traktat Bukares di Bukares, Rumania demi mengakhiri Perang Balkan II. Sebelumnya, Kerajaan Bulgaria telah menyerah kepada Kesultanan Ottoman, Rumania, Serbia, Montenegro, dan Yunani dalam Perang Balkan II. Traktat tersebut berisi perubahan perbatasan negara-negara tersebut. Kesultanan Ottoman tidak terlibat dalam penandatangan traktat tersebut meski terlibat dalam Perang Balkan II.


Mehmed VI. (Wikiwand.com)
1920
Sultan Ottoman, Mehmed VI, menandatangani perjanjian damai dengan Sekutu setelah Perang Dunia I berakhir. Dari perjanjian yang disebut dengan Perjanjian Serves itu, Kesultanan Ottoman harus rela wilayahnya dipecah oleh Sekutu. Dari perjanjian tersebut, berdirilah Kerajaan Hijaz, Republik Demokratik Armenia, dan Suriah. Selain itu, negara-negara Sekutu juga menguasai beberapa wilayah yang sebelumnya dikuasai Kesultanan Ottoman.

1944
Pertempuran Guam Kedua di Guam, Kepulauan Mariana yang melibatkan pasukan Amerika Serikat (AS) dan Jepang berakhir. Pertempuran yang berlangsung selama 20 hari itu berakhir dengan kemenangan pasukan AS yang berhasil merebut Guam dari kekuasaan Jepang.

1944
Pasukan Jerman dan Estonia berhasil mengalahkan pasukan Uni Soviet dalam Pertempuran Narva di Narva Estonia. Dalam pertmpuran itu, pasukan Jerman dan Estonia berhasil mengusir pasukan Uni Soviet yang berupaya menguasai Estonia sejak 2 Februari di tahun yang sama.

1945
Menyusul serangan bom atom yang dilancarkan Amerika Serikat (AS), Jepang mengumumkan penyerahan diri kepada Sekutu dalam Perang Dunia II. Jepang bersedia menyerah kepada Sekutu dengan syarat Hirohito tak digulingkan dari takhtanya sebagai kaisar Jepang.


Jose alias Antonio Banderas. (Reuters)
1960
Jose Antonio Dominguez Bandera lahir di Malaga, Spanyol. Kini. ia dikenal luas sebagai aktor yang berkarier di dunia perfilman di Hollywood dengan nama beken Antonio Banderas. Sejak memulai kariernya sebagai aktor, Antonio Banderas sudah membintangi tak kurang dari 50 judul film layar lebar.

1971
Roy Maurice Keane lahir di Cork, Republik Irlandia. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela klub besar di Inggris, Manchester United (MU), dari 1993 hingga 2005. Keane meraih 17 trofi selama 12 tahun berseragam MU. Setelah 12 tahun bersama MU, Keane bergabung ke klub di Skotlandia, Glasgow Celtic, selama satu musim sebelum dirinya gantung sepatu.

2007
Perdana Menteri Kanada Stephen Harper mengumumkan rencananya untuk membangun dua fasilitas militer di wilayah Kutub Utara. Pengumuman ini muncul setelah beberapa negara seperti Denmark dan Rusia mengklaim wilayah Kutub Utara.

2014
Pesawat HESA Iran-140 milik maskpai penerbangan Sepahan Airlines dengan nomor penerbangan HH5915 jatuh di dekat permukiman di Mina, Tehran, Iran. Seluruh penumpah berjumlah 40 orang dan delapan awak pesawat tewas dalam peristiwa tragis itu.